HUBUNGAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP FISIKA KELAS VII SMPN 5 SOROMANDIKABUPATEN BIMA

  • Yeni Mutiaraningsih
  • A. Jusriana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar, kemampuan memahami konsep Fisika dan
mengetahui hubungan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan memahami konsep fisika pada pokok
bahasan kalor kelas VII SMPN 5 Soromandi Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah EX post Fakto
dengan menggunakan desain korelasi tunggal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan
tes pemahaman konsep fisika. Teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis
deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas VII
SMPN 5 Soromandi Kabupaten Bima dari 37 jumlah peserta didik yang dijadikan sampel termasuk dalam
kategori sedang. Kemampuan memahami konsep fisika yaitu rata-rata persentase 3% termasuk kategori
tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan ampprok sig t di peroleh nilai 4,66 sehingga dapat dikatakan bahwa
hubungan gaya belajar peserta didik dan kemampuan memahami konsep fisika memiliki hubungan yang
lemah dan tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational

Objectives: The Classification of

Educational Goals. New York: McKay.

Misbahuddin & Iqbal. 2013. Analisis Data

Penelitian dengan Statistik. Jakarta:Bumi

Aksara.

Ghufron, M. Nur & Risnawati, Rini.2014. Gaya

Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan

Pembelajaran Interaktif. Bandung:

Refika Aditama,

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk

Guru- Karyawan dan Peneliti Pemuda.

Bandung : Alfabeta.

Siregar, Syofian. 2014. Statistika Deskriptif untuk

Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Sudarwan & Khairil. 2011. Psikologi Pendidikan.

Bandung : AlfaBeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung : Alfabeta.

Published
2016-09-01
How to Cite
Mutiaraningsih, Y., & Jusriana, A. (2016). HUBUNGAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP FISIKA KELAS VII SMPN 5 SOROMANDIKABUPATEN BIMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 88-91. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3710
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Abstract viewed = 121 times