PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN FISIKA

Authors

  • Rahmatika Rasyidin
  • Muh. Syihab Ikbal
  • Sri Sulasteri

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3712

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika
yang signifikan antara : 1) siswa yang menggunakan strategi Jigsaw dan yang menggunakan
metode konvensional pada siswa yang memiliki motivasi tinggi ; 2) siswa yang menggunakan
strategi Jigsaw dan yang menggunakan metode konvensional pada siswa yang memiliki
motivasi rendah dan 3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran (Jigsawkonvensional)
dengan motivasi siswa (tinggi - rendah) dalam pencapaian hasil belajar siswa
kelas X SMAN 1 Bontonompo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen
dengan desain factorial dan rancangan penelitian yaitu faktorial 2 x 2. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran (Jigsaw dan
Konvensional) dan Motivasi Belajar (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar
fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam R, Antony. Cooperative Learning Effects
On The Classroom. Northern Michigan :
Northern Michigan. Northern Michigan
University. 2013.
Purwanto. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar, 2011.
Suprijono, Agus. Coperative Learning Teori dan
Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar, 2013.

Published

2016-09-01

How to Cite

Rasyidin, R., Syihab Ikbal, M., & Sulasteri, S. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 96–99. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3712

Issue

Section

Volume 4 Nomor 2, 2016