Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Macromedia Flash 8 dan Power Point Pada Materi Pokok Asam Basa
DOI:
https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3733Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang dilakukan di Pesantren/Madrasah Aliyah Madani Pao-Pao Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran; (ii) mengetahui kualitas media pembelajaran yang meliputi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu; (i) Menuliskan tujuan pembelajaran umum berupa SK/KD; (ii) Melakukan analisis instruksional; (iii) Mengidentifikasi tingkah laku awal/karakteristik siswa kelas XI IPA; (iv) Merumuskan tujuan instruksional khusus; (v) Menyusun tes acuan patokan; (vi) Menyusun strategi pembelajaran; (vii) Mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi macromedia flash dan power point; (viii) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif berupa validasi media; (ix) Melakukan revisi; (x) Melakukan ujicoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Proses pengembangan media pembelajaran meliputi beberapa tahap, yaitu: tahap identifikasi, tahap pengembangan media, dan tahap uji coba dan evaluasi; (ii) Kriteria perangkat pembelajaran yang dicapai yaitu: (1) valid berdasarkan penilaian validator, (2) praktis berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kategori tinggi dan respon siswa, dan (3) efektif berdasarkan ketuntasan klasikal telah tercapai dimana sebesar 85% siswa mengalami ketuntasan dan aktivitas siswa dan guru sudah terlaksana.
Downloads
References
Yamasari, Y. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas.”Disajikan pada Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. Surabaya 4 Agustus 2010. Online. ISBN No. 979-545-0270-1. (http://www.snps.its.ac.id/.../Pengembangan%20Media%20Pembelajaran%20Matematika20%Berbasis20%ICT20%yang20%Berkualitas. pdf). Diakses 26 Oktober 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.