APLIKASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH UNTUK MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA MATERI BUNYI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs MADANI ALAUDDIN PAOPAO

  • Anniswati Anniswati
  • Thamrin Thamrin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar dan penguasaan konsep fisika antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak berbasis masalah pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao pada materi bunyi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Non Equivalent Control Group Desain.Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan instrumen tes.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t” Independent. Hasil penelitian untuk minat belajar pada kelas VIIIA yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis masalah berada pada kategori sangat baik dan kelas VIIIB yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah  berada pada kategori baik. Dengan demikian terdapat perbedaan minat belajar peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Sedangkan untuk penguasaan konsep pada kelas VIIIA yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis masalah memiliki kategori sangat baik dan kelas VIIIB diajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah memiliki kategori baik. Terdapat perbedaan penguasaan konsep peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar secara  konvesional pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi Abu. Psikologi sosial.Jakarta : PT Rineka Cipta.1999

Amir M. Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.2009

Arikunto, Suharsimin. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Fraenkel, Jack. How to Design and Evaluate Research in Education. New York.2009

Hasbullah.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.1999

Purwanto.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Celeban timur UH.2013

Pratiwi rinie, dkk.Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs kelas VIII.Jakarta : Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.2008

Rafi Muh. Pengantar Strategi Pembelajaran ( Pendekatan Standar Proses).Makassar : Alauddin University Press.2012

Sahabuddin.Mengajar dan Belajar.Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.20007

Sardiman.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali.1990

Slameto.Belajar dan Faktor-Faktor yang memepengaruhinya.Cet 5. Jakarta : Rineka Cipta.2010

Sobur Alex. Psikologi Umum. Cet II. Bandung : Pustaka Setia.2003

Sommeng Sudirman. Psikologi Umum Dan Perkembangan. Makassar : Alauddin University Press.2012

Sudijono, Anas. Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012

Sugiyono.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.2008

Sugiyono.Statistik untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta.2014

Trianto.Model Pembelajaran Terpadu. Cet 4. Jakarta : PT Bumi Aksara.2013

Wijaya cece ,dkk.Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.1992

Published
2017-03-01
How to Cite
Anniswati, A., & Thamrin, T. (2017). APLIKASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH UNTUK MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA MATERI BUNYI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs MADANI ALAUDDIN PAOPAO. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 9-13. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4089
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 1428 times