APLIKASI PROGRAM MATLAB DALAM MEMECAHKAN KASUS FISIKA: DINAMIKA SISTEM MASSA DAN PEGAS (PRINSIP NILAI DAN VEKTOR EIGEN)

  • Muh. Said L
    (ID)

Abstract

Software Matlab diaplikasikan dalam pemecahan kasus fisika menggunakan program perhitungan nilai dan vektor eigen. Kasus fisika yang dipecahkan adalah suatu benda yang bergerak secara osilator terdiri dari sistem empat massa dan empat pegas. Tujuan aplikasi program ini adalah untuk menentukan seberapa besar simpangan pegas, sehingga nilai (harga) dan vektor eigen dapat diperoleh. Metode yang dilakukan adalah memanfaatkan persoalan nilai dan vektor eigen untuk menghitung simpangan pegas dalam program Matlab. Pada kasus gerak osilator, penentuan besar masing-masing sistem massa dan konstanta pegas telah ditetapkan sesuai sistem. Persamaan gerak untuk sistem massa dan pegas masing-masing ditinjau setiap titik massa dan fungsi yang digunakan adalah , yang disebut sebagai fungsi anzats, kemudian didiferensialkan dua kali terhadap waktu. Dengan menggunakan aplikasi program Matlab maka hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan perintah eig (eigen) program matlab dapat menunjukkan secara perhitungan akurat hasil running (eksekusi) nilai dan vektor eigen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Machin, 2014, Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. (Online), JPPI 3 (1) (2014) 28–35 (http://journal.unnes.ac.id/nju/ index.php/jpii, diakses 29 September 2014).

Aminuddin, Jamrud. 2008. Dasar-Dasar Fisika Komputasi Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Gava Media.

Etter, D.M. 1993. Engineering Problem Solving with MATLAB. Prentice Hall. Englewood Cliff. New Jersey 07632

Giancoli, Douglas C,. 2001. Fisika. Jilid 1. Ed. 5. Erlangga. Jakarta

Published
2017-03-01
How to Cite
Said L, M. (2017). APLIKASI PROGRAM MATLAB DALAM MEMECAHKAN KASUS FISIKA: DINAMIKA SISTEM MASSA DAN PEGAS (PRINSIP NILAI DAN VEKTOR EIGEN). JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 89-94. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4090
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 2863 times

Most read articles by the same author(s)