EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIKS TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN EKSPLORASI PESERTADIDIK

  • Mawarni Mawarni
  • Santih Angraini
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif dan eksplorasi peserta didik kelas VII MTsN Model Makassar sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan eksplorasi antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran sinektiks dengan peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran sinektiks. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Non Equivalent Control Group Desain. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tesdanobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t” Independent. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasilkemampuanberpikirkreatifdenganmengguunakan model sinektiksberadadalamkategoribaikdanhasileksplorasidenganmenggunakan model sinektiksinijugaberadadalamkategoribaik. Sedangkan hasil inferensial yaitu T tabel˂ Thitungsehingga terdapat terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan eksplorasi antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran sinektiks dengan peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran sinektiks

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daswa. PenerapanModel Pembelajaran Sinektiks untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Siswa Madrasah Tsanawiyah. Tesis. Bandung : Pendidikan Matematika (UPI), 2013.

Mappasoro. Strategi Pembelajaran. Makassar : Universitas Negeri Makassar.2011.

Monty P. Satiadarma dan Fidelis E Waruwu. Mendidik Kecerdasan Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru dalam Mendidik

Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta. 2008.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta. 2013.

Munandar, Utami.Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua.Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. 1992.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2013.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara. 2013.

Sukino. Menulis Itu Mudah.Yogyakarta : PT. LKiS Printing Cemerlang. 2012.

Published
2017-03-01
How to Cite
Mawarni, M., & Angraini, S. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIKS TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN EKSPLORASI PESERTADIDIK. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 37-41. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4100
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 165 times