Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa SMP

  • Baharuddin Abbas Scopus ID: 57202610804, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Irwan Usman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Mardhiah Mardhiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya atau cara agar bisa mengatasi motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII5 SMP Negeri 17 Makassar yang sangat rendah, yang dalam hal ini peneliti akan melakukan sebuah eksperimen dengan menerapkan Pendekatan Realistic Mathematic Education(RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang menggunakan model Kemmis dan Tanggart yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, yaitu memberikan gambaran tentang hasil penelitian dengan cara mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik berdasarkan data yang telah diperoleh selama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar matematik setelah diterapkannya pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan peningkatan yang sangat signifikan yaitu dari skor rata-rata motivasi belajar peserta didik yaitu 67,74 pada tahap pra siklus, meningkat menjadi 73,51 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,80 pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik yaitu 39,40 pada tahap pra siklus meningkat menjadi 47,23 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 75,66 pada siklus II. Pada tahap siklus II kegiatan belajar mengajar lebih terarah dalam arti tidak kaku jika dibandingkan pada siklus I, ini disebabkan pada siklus I peserta didik maupun pendidik belum terbiasa dengan pendekatan yang diterapkan, tetapi motivasi dan hasil belajar peserta didik disiklus I sudah ada peningkatan jika dibandingkan dengan motivasi dan nilai hasil belajar peserta didik pada tes awal meskipun peningkatan yang terjadi kurang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Baharuddin Abbas, Scopus ID: 57202610804, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=hLiqb5AAAAAJ&hl=en

SINTA: http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6097933&view=overview

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. I interest to Mathematics Education. My research about mathematics education.
EDUCATION BACKGROUND
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Master Pendidikan matematika, PPs Universitas Negeri Makassar

EXPERIENCE

  • Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2014 - sekarang
  • Tim Pengelola (Editor) MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2015-sekarang
Contact Person: Hp. +6285255652210 email: baharuddin.abbas@uin-alauddin.ac.id
Irwan Usman, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Mardhiah Mardhiah, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

References

Andita, R., & Hapsari, P. (2016). Penerapan Rme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pati Wetan 02 Pati.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mahfud Choirul. (2010). Pendidikan Multi Kultural. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Meningkatkan, U., Belajar, H., Melalui, M., Guru, S., Ilmu, J., Sosial, P., & Vol, H. (2017). Rosdiati – Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model …. 3(2).

Nugroho, M. H., Kendal, S. M. K. N., & Kejuruan, S. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education ( RME ) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Statistika Pada Peserta Didik Kelas XI TP3RP SMK Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2015 / 2016 Berdasarkan Peraturan Menteri kurikuler matematika . Hal ini agar meningkatkan yang dapat digunakan adalah metode pembuatan film yang meliputi penyu- berekspresi dan melakukan kegiatan. 2(2), 213–223.

Pardjono dkk. (2007). Panduan Panelitian tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Pembelajaran, M., & Realistik, M. (2009). No Title. 13(1), 1–14.

Shoimin Aris. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2020-05-31
How to Cite
Abbas, Baharuddin, Irwan Usman, and Mardhiah Mardhiah. 2020. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa SMP”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (1), 53-63. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.13457.
Section
Artikel
Abstract viewed = 441 times