Etnomatematika: Analisis Benteng Vredeburg Ditinjau dari Segi Geometri

  • Rizky Sani Nur Faizah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
    (ID)
  • Ferly Andreyanto Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
    (ID)
  • Viola Dessy Romadhoni Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
    (ID)
  • Mukhammad Abdur Rouf Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
    (ID)
  • Megita Dwi Pamungkas Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
    (ID)

Abstract

Analisis bangunan bersejarah Benteng Vredeburg memiliki tujuan untuk mengetahui sejarah, struktur bentuk bangunan bersejarah dan etnomatematika pada Benteng Vredeburg dari segi geometri. Pada penelitian ini metode yang digunakan berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dokumentasi, dan observasi secara langsung di Benteng Vredeburg. Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu Benteng Vredeburg merupakan bangunan bersejarah peninggalan abad ke-18 oleh VOC yang terletak di depan kantor pos Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan di ujung jalan Malioboro. Jika dilihat dari atas, bentuk dasar Benteng Vredeburg adalah segi empat yang kemudian disetiap sudut-sudutnya terdapat bangun lain yang berbentuk segi lima beraturan yang kongruen. Sedangkan jika dari depan benteng ini mempunyai unsur geometri ruang yaitu balok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, S. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djadi, Minggi, I., Ja’faruddin, Zaki, A., & Sidjara, S. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Mata Pelajaran Paket Keahlian Matematika Bab X Bangun Datar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Karen, R. (1990). Becoming Attached. The Atlantic. Retrieved from https://www.theatlantic.com /magazine/archive/1990/02/becoming-attached/308966/

Khayat. (2020). Etnomatematika: Bangun Datar pada Benteng Van Der Wijck Gombong Jawa Tengah. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 121–129. https://doi.org/10.30738 /union.v8i1.6384

Pradana, W. (2019). Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Retrieved from Tribun News website: www.tribunnewswiki.com/2019/06/16museum-benteng-vredeburg-yogyakarta

Prijotomo, J. (1995). Diktat Tipologi Geometri. Tidak Dipublikasikan.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 1(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/ view/249

Siswoyo, B. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Segiempat dengan Pendekatan STAD (Student Teams Achievement Divisions) Di Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru. JURNAL KREANO, 2(2), 89–102. https://doi.org/10.15294/kreano.v2i2.2619

Suharjana, A. (2008). Pengenalan Bangun Ruang dan Sifat-Saifatnya di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangandan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Triastuti, A. (2015). Museum Benteng Vredeburg Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah (Universitas PGRI Yogyakarta). Skripsi. Retrieved from http://repository.upy.ac.id/226/

Published
2020-05-31
How to Cite
Faizah, Rizky Sani Nur, Ferly Andreyanto, Viola Dessy Romadhoni, Mukhammad Abdur Rouf, and Megita Dwi Pamungkas. 2020. “Etnomatematika: Analisis Benteng Vredeburg Ditinjau Dari Segi Geometri”. Alauddin Journal of Mathematics Education 2 (1), 64-70. https://doi.org/10.24252/ajme.v2i1.13614.
Section
Artikel
Abstract viewed = 1033 times