BANI ABBASIYAH ( Pembentukan, Perkembangan dan Kemajuan )

  • edianto edianto

Abstract

Proses terbentuknya dinasti Abbasiyah dilakukan melalui dua cara: Pertama yaitu dengan menyebarkan misi propaganda melalui jaringan rahasia, dan yang kedua yaitu dengan menghimpun kekuatan militer demi menghancurkan kekuatan Bani Umayyah Untuk memperoleh hasil maksimal, bani Abbas menyiapkan strategi yang cukup matang, mereka menebarkan propagandis untuk mendukung khilafah dari kerabat Nabi.  Kemajuan-kemajuan dinasti Abbasiyah diperoleh seiring dengan membaiknya perekonomian yang mulai meningkat, terutama dari sektor pertanian melalui irigasi dan peningkatan hasil pertambangan seperti emas, perak, tembaga dan besi. Kemajuan dalam sektor ini diikuti dengan perbaikan-perbaikan internal yang cukup bagus baik dalam sistem administrasi dan pemerintahan yang menunjukkan kematangan dalam berpikir. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFAR PUSTAKA

Ibrāhīm Hasan, Hasan. Tārīkh al-Islām; al-Siyāsīy wa al-Dīnīy wa al-Tsaqāfīy wa al-Ijtimā’īy. Cet. VII; Kairo: Maktabat al-Nahdhah al-Mishriyyah, 1964.

Lapidus, Ira. M, A History of Islamic Societies, Terj. Ghufran A. Mas’adi, Sejarah Sosial Umat Islam Cet. I, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1999.

Mufrodi, Ali. Islam di Kawasan Kebudayaan Arab. Cet I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Su’ud, Abu, Islamologi(Sejarah, Ajaran, dan Peranannya dalam Peradaban Umat Islam), Cet. I; PT. Rineka Cipta: Jakarta, 2003.

Syalabīy, Ahmad, Mawsū’at al-Tārīkh al-Islāmīy wa al-Hadhārat al-Islāmiyyah, Jilid III (Cet. VI; Kairo: Maktabah al-Nahdhah al-Mishriyyah, 1978).

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Cet. XII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.

Published
2018-01-17
How to Cite
edianto, edianto. (2018). BANI ABBASIYAH ( Pembentukan, Perkembangan dan Kemajuan ). Al-Hikmah, 19(2), 38-59. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/4136
Section
Artikel
Abstract viewed = 134602 times