PROBLEM SOLVING: SUATU PENDEKATAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Andi Dian Angriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-8944-1974
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rahmawati Nur MTs Negeri 1 Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan problem solving. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII9 MTs Negeri 1 Makassar yang berjumlah 40 peserta didik. Tindakan yang diberikan adalah dengan menerapkan pendekatan problem solving. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, terlihat pada siklus I skor rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 79,48 dan persentase peserta didik yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65%, sementara pada siklus II skor rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 89,40 serta persentase peserta didik yang memenuhi KKM meningkat menjadi 87,50 %. Dengan demikian, hasil belajar matematika peserta didik dapat meningkat melalui penerapan pendekatan problem solving.

 

Abstract

This study aims to determine the improvement in student learning outcomes through a problem solving approach. The type of research used is classroom action research which consists of two cycles, through several stages, namely planning, implementing action, observing, and reflecting. The subjects of this study were 40 students of class VIII9 MTs Negeri 1 Makassar. The action given is to apply a problem solving approach. The results of this study indicate that problem solving approach can improve students' learning achievement, seen in the first cycle the average score of student learning outcomes is 79.48 and the percentage of students who meet the minimum completeness criteria is 65%, while in the second cycle the average score student learning outcomes increased to 89.40 and the percentage of students who met the minimum completeness criteria increased to 87.50%. Thus, students' mathematics learning achievement can be increased through the implementation of problem solving approach.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Andi Dian Angriani, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Aedi. W. G. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan pendekatan problem solving. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 5(1). DOI: 10.26877/jipmat.v5i1.5889.

Alipandie, I. (1984). Didaktik metodik pendidikan umum. Surabaya: Usaha Nasional.

Aris, S. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruz Media.

Gustrianingsih. (2013). Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika dengan pendekatan problem solving siswa SMP kelas VII A Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-24. DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v1i1.4.

Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan pembelajaran cetakan keempat. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap, H. H., & Makmur, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 40–49. Retrieved from http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/90.

Hidayat, W. & Sariningsih. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027.

Imelda. (2018). Penerapan metode problem solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata kuliah aljabar dan trigonometri. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 3(2). DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v3i2.496.

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma, 6(2), 150–163. DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1282.

Kusumaningtyas, W. (2016). Efektivitas metode inquiry terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal E-DuMath, 2(1), 102-108. DOI: https://doi.org/10.26638/je.163.2064.

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira. (2020). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(2), 92-102. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/508.

Mardianis (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran problem solving terhadap pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 11-18. DOI: 10.33578/pjr.v2i1.4871.

Mustami, M. K. (2012). Dimensi-dimensi Penelitian Tindakan Kelas (Cet. I). Makassar: UIN Alauddin Press.

Nengsih, L. W., Susiswo, Sa'dijah, C. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sekolah dasar dengan gaya kognitif field dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 143-148. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Jurnal Teori Dan Terapan Matematika, 16(2), 1–6. DOI: https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan pendekatan problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV SD. JS (Jurnal Sekolah), 1 (2). DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7315.

Published
2020-11-18
How to Cite
Angriani, A. D., Nur, F., & Nur, R. (2020). PROBLEM SOLVING: SUATU PENDEKATAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 151-159. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16444
Section
Vol. 2 No. 2
Abstract viewed = 737 times