EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Lenny Sasmita Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisnasari Andi Mattoliang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu yang didesain menggunakan teknik Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Model Makassar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kelas eksperimen sebelum menerapkan model pembelajaran project based learning memperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 79,28. Setelah menerapkan model pembelajaran project based learning diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 91,24 sehingga terjadi peningkatan rata-rata sebesar 15,086%; 2) secara signifikan, terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran project based learning di MTs Negeri Model Makassar.

  

Abstract

This research was conducted to determine the effectiveness of the application of the project based learning model in improving students' mathematical problem solving abilities. This research approach is a quantitative approach with a quasi-experimental type of research designed using the Non-Equivalent Control Group Design technique. The research sample was class VIII MTs Negeri Model Makassar.. The data analysis technique used descriptive and inferential analysis, namely t test. The results showed that 1) the experimental class before applying the project-based learning model obtained an average value of the problem-solving ability test results of 79.28. After applying the project based learning learning model, the average value of the problem solving ability test results was 91.24, resulting in an average increase of 15.086%; 2) there is a significant increase in problem-solving abilities for classes that use the project-based learning model at MTs Negeri Model Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (2003). Ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2014). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2019). Implementation of project based learning model to increased creativity and self-reliance of students on poetry writing skills. Journal of Primary Education, 8(40), 51–58.

Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. (2017). The seven steps of project based learning model to enhance productive competences of vocational students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 102(Ictvt), 251–256.

Khanah, N., Rasiman, & Sutrisno. (2019). Efektivitas model project based learning dan model discovery learning berbantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (4thSENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika, 135–145.

Kiswanto, A. (2019). Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa Sekolah Dasar melalui model Project Based Learning. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1, 131–136. http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/34

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika dengan model Project Based Learning (PJBL). Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10.

Mahayani, S., Irwandani, I., Yuberti, Y., & Widayanti, W. (2018). Kotak pop-up berbasis problem solving: pengembangan media pembelajaran pada materi cahaya dan alat-alat optik untuk kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.

Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas model project based learning pada mata kuliah vulkanologi terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210–214.

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model project-based learning dengan pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14.

Prabawa, E. A., & Zaenuri. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif siswa pada model Project Based Learning bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.

Putriari, M. D. (2013). Keefektifan project based learning pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMK materi program linear. Universitas Negeri Semarang.

Riyanti, M. T., Erwin, T. N., & Suriani, S. H. (2017). Implementing project based learning approach to graphic design course. Journal of Education and Practice, 8(15), 173–177.

Robert M. Gagne, Leslie J. Briggs, W. W. W. (1992). Principles of instructional design. Harcourt Brace Jovenich Colege Publishers.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1).

Solikah, A., & Himmah, W. I. (2019). Keefektifan model pembelajaran means ends analysis dengan strategi heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.3278

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tong, Y., Kinshuk, & Wei, X. (2020). Teaching design and practice of a project-based blended learning model. International Journal of Mobile and Blended Learning, 12(1), 33–50. https://doi.org/10.4018/IJMBL.2020010103

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285–293.

Published
2021-11-30
How to Cite
Sasmita, L., Tayeb, T., Mattoliang, L. A., Abrar, A. I. P., & Mardhiah, M. (2021). EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 242-249. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.24406
Section
Vol. 3 No. 2
Abstract viewed = 600 times