Pengembangan E-Modul berbasis Website untuk Pengoptimalan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan

Authors

  • Ainul Uyuni Taufik Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ummul Hasanah Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Alamsyah Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/asma.v6i1.46855

Keywords:

e-module, learning media, plant anatomy, website

Abstract

This research aims to develop website-based e-module learning media to optimize online learning in plant anatomy courses in the Biology Education Study Program at UIN Alauddin Makassar. This research and development research uses the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) development model. Data collection instruments include validation sheets, questionnaires, and learning outcomes tests. The data analysis technique is related to measuring the validity, practicality and effectiveness of website-based e-modules. The research results show that the website-based e-module learning media for optimizing online learning in plant anatomy courses meets the valid, practical and effective categories. Based on the results of validity and practicality, this media is suitable and practical for use as a learning medium in plant anatomy courses, especially in blended learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arka, I. W. (2020). Kompetensi pendidik perspektif membangun profesionalisme guru. Widyacarya, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i1.552.

Asma. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1135–1142. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1135-1142.2021.

Asrori. (2020). Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Bando, U. D. M. A., & Elihami. (2021). Pengaruh metode demonstrasi terhadap pembelajaran fiqh di pesantren melalui konsep pendidikan nonformal. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 81–90.

Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Intan, T., Marpaung, Sinaga, A. R., Nashir, M., Laili, R. N., Yektiningtyastuti, Sulaiman, Suprapno, Rahayu, T., Kristianto, P. E., & Della, R. H. (2022). Strategi pembelajaran (Moh. Badrih, Ed.; 1st ed.). CV Literasi Nusantara Abadi.

Damayanti, E., Akin, M. A., Nurqadriani, N., Suriyati, S., & Hadisaputra, H. (2021). Meneropong pendidikan islam di muhammadiyah. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2), 250–262. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23826.

Elviana, F., Fakar, A., & Bulan, A. (2020). Pendidikan karakter dan pengajaran dengan metode demonstrasi untuk kemajuan belajar generasi millenial. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas, 1(1), 702–706.

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155.

Febnasari, S.D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas penggunaan metode pembelajaran diskusi kelas. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310-318. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456.

Herdi, & Nurachadijat, K. (2023). Metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan siswa pada mata pelajaran PAI Di SMP Islam Masagi Kabupaten Sukabumi. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(3), 180–199.

Judrah, M. (2019). Konsep pembelajaran tuntas. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i1.92.

Mayasari, D. (2019). Internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran tahsin dan tahfidz al-qur’an di Ma Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 40. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.5848.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1).

Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29.

Muttaqin, A. I., & Trianingsih, R. (2021). Analisis implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas X Di SMA Negeri Darussholah Singojuruh. Fikroh : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 14(1), 65–78.

Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis metode pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan pemahaman dan karakter peserta didik. Journal Of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366–377.

Parnawi, A., Mujrimin, B., Sari, Y. F. W., & Ramadhan, B. W. (2023). Penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan praktek salat siswa kelas IV di SD Al-Azhar 1 Kota Batam. Journal on Education, 5(2), 4603–4611. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1187.

Rahmadona, N. S., & Nana. (2021). Analisis model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Rondonuwu, S. N. N. D., Sumayku, J., & Takaredase, A. (2022). Penerapan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar animasi 2D pada siswa SMK. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 205-211. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4553.

Siniakon, R., Mintjelungan, M. M., & Mewengkang, A. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar jaringan WAN siswa Kelas Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 342–349. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2177.

Sukerti, N. N. (2021). Penerapan metode demonstrasi berbantuan media sederhana untuk meningkatkan hasil belajar tematik (muatan matematika). Journal of Education Action Research, 5(2), 232–238. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33311.

Suriyati. (2022). Peningkatan perilaku akhlak mulia siswa pada pembelajaran ski tingkat madrasah tsanawiyah. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3270–3280.

Suriyati, Jamaluddin, & Nurfadillah. (2023). Metode komunikasi guru kelas XI dalam mengoptimalkan minat belajar siswa SMA Negeri 12 Sinjai. AL-QALAM : Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(2), 1–12. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2222.

Suriyati, Syukri, M., & Dinar. (2023). Penerapan pendidikan islam dalam lingkungan keluarga pedagang di Lingkungan Bongkong, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 246–252.

Syafri. (2020). Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama islam pada sekolah dasar islam terpadu di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 65–81. http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.8140.

Ubabuddin. (2019). Hakikat belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Edukatif, 5(1), 18–27.

Wahyuni, S. (2022). Metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 105–122.

Wijayanto, S., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA Kelas V MI-AL Ma’arif Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 62-68. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.778.

Zuliatin, L. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar mapel matematika pada siswa kelas 2 SDN Alang-Alang Caruban. Educational Technology Journal, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.26740/etj.v1n1.p31-40.

Published

2024-05-19

How to Cite

Taufik, A. U., Hasanah, U., & Alamsyah. (2024). Pengembangan E-Modul berbasis Website untuk Pengoptimalan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Al Asma : Journal of Islamic Education, 6(1), 39–56. https://doi.org/10.24252/asma.v6i1.46855

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.