ANALISIS HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW DALAM PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DASAR: ANALISIS JURNAL SINTA 2 SAMPAI 6

  • Urip Meilina Kurniawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Maemonah Maemonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran daring yang dilaksanakan sekarang ini sudah memperhatikan pemenuhan hierarki kebutuhan Maslow dengan baik atau belum. Metode yang dipilih pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dan pendekatan yang dipilih yaitu studi kepustakaan atau library research. Data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumuplan data dengan dokumentasi yaitu mencari data dalam bentuk artikel dari jurnal sinta 2 sampai sinta 6 sebanyak 15 artikel tentang hierarki kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring. Instrumen pada penelitian ini yaitu peneliti sendiri yang menjadi kunci dalam penelitian. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi. Temuan dalam penelitian ini yaitu hierarki kebutuhan Maslow tersusun secara berjenjang dimulai dari tingkatan kebutuhan yang paling dasar sampai tingkatan tertinggi yaitu dimulai dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta dan rasa memiliki, kebutuhan untuk dihargai, dan kebutuhan aktualisasi diri. Pemenuhan kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring sudah terpenuhi dengan cukup baik meliputi kebutuhan fisiologis, cinta dan rasa memiliki, untuk dihargai dan aktualisasi diri, sedangkan untuk kebutuhan akan rasa aman terpenuhi cukup baik karena masih ada yaitu kesibukaan orang tua dalam bekerja yang tidak ada waktu. Jadi agar pembelajaran daring bisa terlaksana dengan efektif maka guru dan orang tua harus memperhatikan hierarki kebutuhan Maslow.

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the existing online learning fulfilled Maslow's hierarchy of needs adequately or not. The method used in this study was a qualitative method with an approach of library research. The data obtained through the documentation by looking for data from 15 articles of the Sinta 2 to Sinta 6 journals about Maslow's hierarchy of needs in online learning. The instrument in this study was the researchers themselves as the keys in this research. The analysis technique used was content analysis. The findings in this study were that Maslow's hierarchy of needs was arranged in stages, starting from the most basic level of needs to the highest level, starting from physiological, security, love and belonging, respecting, and self-actualization needs. The fulfillment of Maslow's needs in online learning had been fulfilled quite well, including physiological needs, love and a sense of belonging, to be respected and self-actualized. In contrast, the security need was fulfilled quite well because parents work tirelessly. Therefore, online learning could be carried out effectively if teachers and parents paid attention to Maslow's hierarchy of needs.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Urip Meilina Kurniawati, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Abbas, J. (2020). Service Quality in Higher Education Institutions: Qualitative Evidence from the Students' Perspectives using Maslow Hierarchy of Needs. International Journal of Quality and Service Sciences, 12(3), 371–384. https://doi.org/10.11 08/IJQSS-02-2020-0016

Aini, D. F. N., Hanurawan, F., & Hariyono. (2016). Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Anak Tenaga Kerja Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1875–1879. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6865

Ariyanto, A., & Sulistyorini. (2020). Konsep Motivasi Dasar dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 103–114. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2333

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Penyelenggaraan Pendidikan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 82–97. https://doi. org/10.19109/jip.v4i1.2269

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dina, L. N. A. B. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Hadori, M. (2015). Aktualisasi-Diri (Self-Actualization), Sebuah Manifestasi Puncak Potensi Individu Berkepribadian Sehat (Sebuah Konsep Teori Dinamika Holistik Abraham Maslow). Jurnal Lisan Al-Hal, 9(2), 207–222. https://doi.org/10.35 316/lisanalhal.v9i2.92

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Masa Pandemi Covid- 19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80–87. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.670

Inikah, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kecemasan Komunikasi terhadap Kepribadian Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 19–40. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/viewFile/1038/950

Iskandar. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.24252/kah.v4i 1a2

Komarudin. (2005). Permainan Sepakbola sebagai Wahana Pembinaan Sikap Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. JurnaL Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 33–43. http://eprints.uny.ac.id/4883/1/Permainan_Sepakbola_Sebagai_Wahana.pdf

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Arigiyati, T. A., & Trisniawati. (2020). Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 145–150. https://doi.org/10.36456/inven ta.4.2.a2607

Lonn, M. R., & Dantzler, J. Z. (2017). A Practical Approach to Counseling Refugees: Applying Maslow's Hierarchy of Needs. Journal of Counselor Practice, 8(2), 61–82. https://doi.org/10.22229/olr789150

Mahrus, & Itqon, Z. (2020). Implikasi Teori Humanistik dan Kecerdasan Ganda dalam Desain Pembelajaran PAI. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 74–91. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.506

Masbur. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Perspektif Abraham Maslow (1908-1970) (Analisis Filosofis). Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 29–47. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.316

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139–148. https://doi.org/10.24 036/sporta.v5i2.140

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rasheed, E. O., Yu, J., Hale, S., Booth, N., & Shahzad, W. (2019). Explaining the Factors' Influencing Young Females' Interest in the Construction Industry using Maslow's Hierarchy of Needs. West Africa Built Environment Research (WABER) Conference, 580–589. https://doi.org/0.33796/waberconference2019. 40

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pemelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjur nal.v7i2.768

Ryan, B. J., Coppola, D., Canyon, D. V., Brickhouse, M., & Swienton, R. (2020). Covid-19 Community Stabilization and Sustainability Framework: An Integration of the Maslow Hierarchyof Needs and Social Determinants of Health. Disaster Medicine and Public Health Preparedness, 14(5), 623–629. https://doi.org/10.1017/dmp.2020.109

Ștefan, S. C., Popa, Ș. C., & Albu, C. F. (2020). Implications of Maslow's Hierarchy of Needs Theory on Healthcare Employees' Performance. Transylvanian Review of Administrative Sciences, 59 E, 124–143. https://doi.org /10.24193/tras.59E.7

Susanto, N. H., & Lestari, C. (2018). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 184–202. https://doi.org/10.28918/jei.v 3i2.1687

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Nilacakra.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi. org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tekeng, S. N. Y., & Alsa, A. (2016). Peranan Kepuasan Kebutuhan Dasar Psikologis dan Orientasi Tujuan Mastery Approach terhadap Belajar Berdasar Regulasi Diri. Jurnal Psikologi, 43(2), 85–106. https://doi.org/10.22146/jpsi.22856

Utamaningsih, A., Monika, G., & Yenida. (2019). Motivasi Kerja Karyawan dalam Kajian Teori Kebutuhan Maslow. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 11(2), 133–142. https://doi.org/10.30630/jipb.11.No.%202.252

Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work from Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641–653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563

Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.24036/8851412020171264

Yunailis, M. (2019). Kajian Teori Humanistik Maslow dalam Kurikulum 2013. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(1), 86–96. https://doi.org/10.24042/alidar ah.v9i1.3657

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Published
2021-06-11
Section
Vol. 8 No. 1
Abstract viewed = 8243 times