PENANAMAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI ONE DAY ONE DONGENG PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Zakaria Zakaria STAI Binamadani Tangerang
    (ID)
  • Utami Maulida STAI Binamadani Tangerang
    (ID)

Abstract

Abstrak

Minat membaca harus ditanamkan pada siswa melalui kegiatan yang menyenangkan sesuai dengan karakter dan perkembangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara komprehensif mengenai penanaman karakter gemar membaca melalui one day one dongeng bagi peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi/content analysis, yaitu menganalisis bagaimana strategi one day one dongeng dalam menanamkan karakter gemar membaca selama masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan metode one day one dongeng merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan semua pendongeng baik orang tua atau guru kepada anak-anak untuk menumbuhkan karakter gemar membaca. Dua dari empat jenis dongeng yang familiar digunakan pada anak adalah dongeng binatang (animals tales) dan dongeng biasa (ordinary folktales).Teknik menyimak dalam mengembangkan strategi one day one dongeng yang tepat digunakan adalah menyimak estetik dan menyimak kreatif, sementara membaca adalah membaca gambar, story telling, dan membaca nyaring. Adapun nilai guna dalam penelitian ini sebagai gambaran tentang penanaman karakter gemar membaca dalam kegiatan one day one dongeng dan dapat dijadikan sebagai konsep pembelajaran literasi bagi peserta didik sekolah dasar.

Abstract

Reading interest must be instilled in students through fun activities following their character and development. This study aims to comprehensively explain instilling reading interest by one day one fairy tale for elementary school students. This research was a qualitative descriptive study using content analysis by analyzing how one day one fairy tale strategy instils reading interest during the Covid-19 pandemic. The results indicated that the one day one fairy tale was a strategy that could be applied by all storytellers, both parents and teachers, to instil the reading interest character of students. Two of four types of fairy tales were familiar to students, namely animal tales and ordinary folktales. The listening techniques appropriate in developing one day one fairy tale strategy were aesthetic and creative listening, while reading techniques were reading pictures, telling stories, and reading aloud. The implication of this study is to illustrate the instilling of reading interest character through one day one fairy tale strategy that can be used as a literacy learning concept for elementary school students.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393

Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133–148. http://jurnal.uinbanten.ac.id/ind ex.php/jlpn/article/view/3735

Arsanti, M. (2014). Pemerolehan Bahasa pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI, 3(2), 24–47. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211315023/3959t __PEMEROLEHAN_BAHASA_PADA_ANAK.pdf

Central Connecticut State University. (2017). World's Most Literate Nations. Www.Cc su.Edu. https://www.ccsu.edu/wmln/rank.html

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Edutech, 19(3), 189–210. https:// doi.org/10.17509/e.v1i3.26978

Danandjaja, J. (2007). Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. PT. Temprint.

Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. (2015). Dongeng sebagai Media Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 95–105. https://doi.org/10.21107/pgpaud trunojoyo.v2i2.2606

Fraenkel, J. C., & Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill, inc.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/ um008v1i12017p021

Kusmiadi, A., Sriwahyuningsih, & Nurfalah, Y. (2008). Strategi Pembelajaran PAUD melalui Metode Dongeng bagi Pendidik PAUD. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 3(2), 198–203. https://doi.org/10.21009/jiv.0302.11

Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069

Marwa, Munirah, Angriani, A. D., Suharti, Sriyanti, A., & Rosdiana. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215–227. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020

Mizani, M. A. I. (2018). Program One Day One Book Startegi Literasi Pendidikan Anak Putus Sekolah di Desa Lemahbang. Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora, dan Agama, 290–296. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/445

Nadeak, B., Naibaho, L., Sunarto, Tyas, E. H., & Sormin, E. (2021). Learning Management in Suburban Schools During the Midst of Covid-19. Psychology and Education Journal, 58(2), 1131–1139. https://doi.org/10.17762/pae.v58i2. 2252

Novari, A. F., Ardini, F. M., Rostiana, H., Meliyawati, Widiatmoko, M., Rohimajaya, N. A., Gumelar, R. E., & Sauri, S. (2020). Optimalisasi Minat Baca Anak Desa Medalsari di Masa Pandemi melalui Storytelling. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(3), 646–655. https://doi.org/10.30653/002.202053.599

Rahman, Sakti, A. W., Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2019). Elementary Education Literacy in the Era of Industrial Revolution 4.0. UPI 2nd International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2018) Elementary, 257, 190–193. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.41

Rahman, Tristiantari, N. K. D., Zakaria, & Yugafiati, R. (2020). Learning from Home (Revitalization of Masatua to Improve Students' Literacy in Elementary School). 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020), 504, 605–609. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.094

Rahmawati, I. Y. (2016). One Day One Dongeng sebagai Upaya untuk Membudayakan Literasi pada Anak Usia Dini. Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Generasi Cendekia dan Literat 2016, 45–54. http://pbsi.fbs.uny.ac.id/sites/pendidikan-bahasa-sastra-indonesia.fbs.uny.ac.id/files/PROSIDING SEMINAR NASIONA L JPBSI FBS UNY 2016_ BUDAYA LITERASI UNTUK MENUMBUHKAN GENERASI CENDEKIA DAN LITERAT.pdf

Sari, P. P. (2018). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), 205–217. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.25 21

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020. v10.i1.p22-33

Wachidah, L. R., Suwignyo, H., & Widiati, N. (2017). Potensi Karakter Tokoh dalam Cerita Rakyat sebagai Bahan Bacaan Literasi Moral. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 894-901. https://doi.org/10.17977/JPTPP. V2I7.9620

Wijaya, R. A., & Mulyati, Y. (2018). Sastra Dongeng dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 47–56. h

Published
2021-06-15
Section
Vol. 8 No. 1
Abstract viewed = 5001 times