GURU: STATUS DAN KEDUDUKANNYA DI SEKOLAH DAN DALAM MASYARAKAT

  • Sulaiman Saat Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak: Jabatan sebagai guru merupakan jabatan yang menuntut profesionalitas, tidak hanya yang berkaitan dengan tugas pembelajaran, tetapi juga tugastugas kemasyarakatan, tidak hanya yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas, tetapi juga di luar kelas. Guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, dan pengevaluasi, membutuhkan profesionalitas. Di masyarakat, guru merupakan panutan dan teladan. Para guru dituntut untuk menjadi pribadi yang patut diteladani dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Dengan demikian, kedudukan guru, baik di sekolah maupun di masyarakat menjadi sangat menentukan, karena merupakan gambaran dari kedudukan yang diembannya.

Abstract: The duty of teacher demands professionalism, not only related to learning tasks, but also community tasks, not just related to learning in the classroom, but also outside the classroom. Teachers as educators, teachers, counselors, directors, coaches, and evaluators, requires professionalism. In society, Teacher is a role model and example. Teachers are required to be exemplary in personal and social life. Thus, the position of teachers both at school and in the community to be very decisive, because it is a description of the position to which it aspires. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-19
How to Cite
Saat, S. (2014). GURU: STATUS DAN KEDUDUKANNYA DI SEKOLAH DAN DALAM MASYARAKAT. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 102-113. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/545
Section
Artikel
Abstract viewed = 3069 times