Literasi Keuangan dan Motivasi Belanja Hedonis pada Kebiasaan Belanja Impulsif

Authors

  • Farhanul Mufli Universitas Negeri Makassar
  • Diah Retno Dwi Hastuti Universitas Negeri Makassar
  • Muh Jamil Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Safri Universitas Negeri Makassar
  • Basri Bado Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/best.v5i1.57566

Keywords:

Belanja Impulsif, Belanja Hedonis, Literasi Keuangan

Abstract

Keterbatasan pendapatan menuntut adanya pemahaman yang baik mengenai konsep keuangan, guna mengontrol perilaku konsumsi khususnya perilaku belanja yang bersifat mencari kepuasan semata (hedonis) yang berisiko menimbulkan kebiasaan belanja impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali hubungan antara literasi keuangan dan motivasi belanja hedonis pada kebiasaan belanja impulsif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Data diperoleh melalui wawancara semi-struktural kepada sejumlah informan yang dipilih secara purposif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyejian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belanja impulsif mahasiswa dipengaruhi oleh rendahnya penerapan literasi keuangan serta gaya hidup konsumtif yang didorong oleh motivasi belanja hedonis. Oleh karena itu, literasi keuangan menjadi sangat penting untuk diketahui dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar dapat memberikan kontrol diri terhadap pembelanjaan-pembelanjaan yang tidak dibutuhkan dalam kehidupan sebagai mahasiswa.

Author Biographies

Farhanul Mufli, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Diah Retno Dwi Hastuti, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Muh Jamil, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Muhammad Safri, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Basri Bado, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

References

Afif, Muhammad, dan Purwanto. 2020. “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja, dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID.” Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis 2(2):48.

Bhabha, Javed Iqbal, Shadiullah Khan, Qamar Afaq Qureshi, Abdul Naeem, dan Irfanullah Khan. 2014. “Impact of Financial Literacy on Saving-Investment Behavior of Working Women in the Developing Countries.” Research Journal of Finance and Accounting 5(13):118.

Deliarnov. 2018. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. 3 ed. Indonesia: Raja Grafindo Persada.

Gahara, Nur Iqrom Pancar, dan Muhammad Nurjihadi. 2025. “Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Impulsif Top Up Game Online (Studi Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa).” Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital 2(2):1–10. doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3776.

Hirschman, Elizabeth C., dan Morris B. Holbrook. 1982. “Hedonic Consumption: Emerging Concepts, Methods and Propositions.” Journal of Marketing 46(3):92–101. doi:10.1177/002224298204600314.

HR, Musdalifah, Dahliah Baharuddin, dan Anies Saleh. 2024. “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Fashion Involvement Terhadap Pembelian Impulsif secara Online di kota Makassar.” Jurnal Mirai Management 9(1).

Kristanto HC, R. Heru, dan R. Hendry Gusaptono. 2021. “Pengenalan Literasi Keuangan Untuk Mengembangkan UMKM.”

Leonita, Diva, dan Siska Wulandari. 2024. “Pengaruh Fitur Shope Paylater, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online di Shope (Studi Kasus Pada Mahasiswa Univesitas Pelita Bangsa Program Studi Manajemen Angkatan 2020).” Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan 13(2). doi:doi.org/10.22437/jmk.v13i02.33657.

Maharani, Septiana Dwiputri. 2016. “Manusia Sebagai Homo Econonomicus : Refleksi Atas Kasus-Kasus kejahatan di Indonesia.” Jurnal Filsafat 26(1):30–52.

Marlatt, G. Alan, John S. Baer, dan Lori A. Quigley. 1995. “Self-efficacy and addictive behavior.” Hlm. 289–316 dalam Self-Efficacy in Changing Societies, disunting oleh A. Bandura. Cambridge University Press.

Mendari, Anastasia Sri, dan Suramaya Suci Kewal. 2013. “TINGKAT LITERASI KEUANGAN DI KALANGAN MAHASISWA STIE MUSI.” Jurnal Economia 9(2):137–239. https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1804.

Otoritas Jasa Keuangan. 2019. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2019. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Scarpi, Daniele. 2006. “Fashion Stores between Fun and Usefulness.” Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal 10(1):7–24. doi:10.1108/13612020610651097.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, Asri Ludin, Hanida Lubis, dan Gontar A. Siregar. 2022. “The Severity Of Stress In Functional Dyspepsia Compared To Organic Dyspepsoa.” Medicina Biomedica Journal 1(2):69–75. doi:doi.org/10.30596/mbj.v1i2.8959.g11172.

Utami, CW. 2010. Manajemen Ritel_Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Penerbit Salemba Empat.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Mufli, F., Hastuti, D. R. D., Jamil, M., Safri, M., & Bado, B. (2025). Literasi Keuangan dan Motivasi Belanja Hedonis pada Kebiasaan Belanja Impulsif. Bulletin of Economic Studies (BEST), 5(1), 24–34. https://doi.org/10.24252/best.v5i1.57566

Issue

Section

Artikel