PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA KABUPATEN MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.24252/edu.v3i2.43142Kata Kunci:
Kinerja Guru, Kepala Sekolah, KepemimpinanAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah menengah di Kabupaten Mojokerto. Terdapat 39 SMA negeri dan swasta dengan 1.510 guru bekerja. Sekolah menengah ini terletak di 19 kecamatan. Penelitian ini mencakup hubungan kausal kuantitatif dengan metode penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, atau peninjauan dan analisis ulang terhadap penelitian-penelitian terdahulu terkait pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas guru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efikasi guru berkorelasi positif dan signifikan dengan kepemimpinan kepala sekolah.
Unduhan
Referensi
Lapaimalai, A. S., & Fanpada, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Matap. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 194–200.
Nawawi, H. (2010). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM Press.Yogyakarta.
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2021). Pengaruh Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. Bandung.
Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pranada Media Grup. Jakarta.