MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MI MADANI ALAUDDIN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Objek penelitian adalah (1) Pengelolaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan; (2) Manajemen sarana dan prasarana dalam efektivitas pembelajaran; dan (3) Kendala dan solusi Manajemen Saraan da Prasarana pada MI Madani Alauddin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui tiga cara yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi kata, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengelolaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan sudah terlaksana dengan cukup baik. Dalam hal ini lembaga sudah melaksanakan perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pendistribusian, pemeliharaan, serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan; (2) Pelaksanaan pembelajaran menjadi efektif dengan adanya sarana dan prasarana yang memfasilitasi dengan baik; (3) Kendala yang terjadi sesegera mungkin dicarikan solusi oleh pihak yang terlibat.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pendidikan, 8(5), 55.
Amiruddin, Wahyudi, I., Damanik, D., Purba, E., Umar A., M., Ruswandi, W., Desty Febrian, W., Gede Cahyadi Putra, I., & Ayu Nyoman Yuliastuti, I. (2022). Metodologi Penelitian Manajemen (Issue November 2022). https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Manajemen/VrmYEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=saran+penelitian+adalah&pg=PA120&printsec=frontcover
Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. In S. Saleh (Ed.), Analytical Biochemistry. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3582
Bastian, Winard, I., Djatu, R., Fatmawati, & Dewi. (2018). Metoda Wawancara. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data, October, 53–99.
Fauzan, A. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pondok Pesantren Shuffah Hisbullah Natar Lampung Selatan. IQRA’ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan) , 3(1), 255–256. http://dx.doi.org/10.25217/ji.v3i1.240.
Huda, M. N., & Hakim, S. L. Al. (2020). Inventarisasi dan Penghapusan Sarana Prasarana Pendidikan. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 25–44. https://www.e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/164/127
Kurniawan, N.-. (2018). Pengaruh Standart Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di Tk Al-Firdaus. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 14–26. https://doi.org/10.24903/jw.v2i2.191
Maizah, S., Ratnawati, R., Agama, I., & Madura, I. N. (2024). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan. Journal of Administration and Educational Management, 7(1), 49–59.
Nurharirah, S., & Effane, A. (2022). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219–225.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Paud. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4082
Rosnaeni. (2019). Manajemen Sarana Prasarana. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(1), 32–43.
Sandri. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dakam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Di SMPN Pulau Kidak. 9, 356–363.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645
Suban, A., & Ilham. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 7(1), 123–130. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123
Yuliana, Y., & Afriansyah, H. (2019). Administrasi Sarana dan Prasarana (p. 6).
Yuniarti, P., Wianti, W., Rini, R. S., & Zahra. (2023). Metode Penelitian Sosial (M. Nasrudin (ed.); pp. 1–133).
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##