GAYA KEPEMIMPINAN DAN ETOS KERJA KEPALA MADRASAH HUBUNGANYA DENGAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN
Abstrak
Gaya kepemimpinan dan etos kerja kepala madrasah merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dan etos kerja kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di MAN se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif. Analisis data yang digunakan ialah analisis korelasional. Sumber data diperoleh melalui penyebaran angket pada tenaga kependidikan MAN se-Kabupaten Bandung sebanyak 43 orang. Hasil penelitian berdasarkan uji korelasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup signifikan antara gaya kepemimpinan dan etos kerja kepala madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di MAN se-Kabupaten Bandung. Berdasarkan uji koefisien determinasi pada penelitian ini diperoleh hasil sebesar 0,204 yang bermakna bahwa kontribusi variabel gaya kepemimpinan dan etos kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan sebesar 20,4%.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amstrong, M. (2016). A Handbook of Human Resource Management Practice. London: Kogan Kage Publisher.
Anwar, M. (2017). Analisis Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan (Dosen dan Karyawan) pada STIMI Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.35130/jrimk.v1i2.15
Fatikah, N., & Fildayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Motivasi dan Etos Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Bareng Jombang. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 167–182. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.989
Firdaus, R. A., Purnamasari, D., & Akuba, S. F. (2019). The Influence of Motivation, Leadership and Perceived Workload as Intervening on Teacher Commitment. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(3), 268–276. https://doi.org/10.26858/est.v5i3.10847
Keitner, & Angelo. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Murni. (2019). Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Jurnal Intelektualita, 13(2), 27–45.
Nurussalami. (2022). Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Intelektualita Prodi MPI, 11(1), 125–138.
Priansa, D. J. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.
Rais, M., Uliyah, T., & Handoko, C. (2022). Etos Kerja Kepala Madrasah dalam Mencapai Keberhasilan Madrasah (Study Kasus di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Huffaz Desa Bernung Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Propinsi Lampung). Journal of Islamic Education and Learning, 2(2), 1–20.
Sudarmanto. (2018). Kinerja dan pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmawati, J. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru (The Influence of Headmaster Leaders hip Style on Teacher Performance). Jurnal Office, 5(1), 91.
Sulhan, M. (2020). Refromasi Kepemimpinan madrasah (The Power of Leadership for Better Madrasah). Cirebon: CV. Aksara Satu.
Sumardjono, A. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Depok: Grafindo Persada.
Suwarno, & Bramantyo, R. Y. (2023). Pengaruh Gender dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Education and Development, 11(3), 31–44. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5058
Syukri, Zahri Harun, C., & Usman, N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Gugus I Uptd Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Jl. Tgk. Syeh Abdul Rauf, 3(2), 79–90.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##