MEMAHAMI PERILAKU INDIVIDU DALAM TEORI MANAJEMEN: KUNCI MENUJU ORGANISASI YANG EFEKTIF
Abstrak
Perilaku individu dalam organisasi merupakan aspek krusial dalam teori manajemen yang berkontribusi terhadap efektivitas kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku individu, baik dari aspek internal seperti kepribadian, motivasi, persepsi, dan emosi, maupun aspek eksternal seperti lingkungan kerja dan budaya organisasi. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan, penelitian ini menganalisis teori kepribadian, teori motivasi, serta pendekatan perilaku dalam manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap perilaku individu dapat membantu organisasi dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kepuasan kerja melalui strategi pengelolaan sumber daya manusia yang tepat. Selain itu, teori manajemen berperan dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif, merancang kebijakan yang efektif, serta memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan bagi manajer dalam mengembangkan kebijakan berbasis perilaku individu serta membuka peluang penelitian lebih lanjut terkait dinamika perilaku dalam lingkungan kerja.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ansori, Indah, R., Suwandi, Salsabila, I., & Firmansyah. (2024). Perilaku Dalam Organisasi Individu. Jurnal Bintang Manajemen, 2(2), 135–143. https://doi.org/10.55606/mri.v2i2.2521
Ardani, L. T. (2023). Perilaku Individu Dalam Organisasi (Individu, Kelompok, dan Lembaga). Jurnal Pendidikan Geografi, 3(1), 125–132.
Aris Dwi Cahyono. (2021). (Library Research) Peranan Pengembangan Manajemen Kinerja Tenaga Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(2), 28–42. https://doi.org/10.53599/jip.v3i2.81
Colquitt, J. A., Lepine, Wesson, J. A., & Michael. (2013). Organizational Behavior. McGraw-Hill Book.
Eni Rakhmawati. (2022). Dinamika Kepribadian dalam Perspektif Sigmund Freud dan Psikologi Islami. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 60–77. https://doi.org/10.62490/latahzan.v14i1.322
Hackman, J. R. (2002). Leading Teams: Setting the Stage for Great Performances. Harvard Business School Press. https://hbsp.harvard.edu/product/3332-PDF-ENG
Hartati, S. (2012). Pendekatan Kognitif Untuk Menurunkan Kecenderungan Perilaku Deliquensi Pada Remaja. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 9(2), 123. https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i2.340
Karan, R. (2024). Organizational Behaviour Theories and Their Importance in Management. Shiksha Online.
Rahmadania, A., & Aly, H. N. (2023). Implementasi Teori Hirarchy Of Needs Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Yayasan Cahaya Generasi Islam Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 261–272. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17456
Ratnasari, S. D., & Tarimin, T. (2021). Perilaku Individu terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 165–175. https://doi.org/10.14710/jab.v10i2.36685
Robbins, S. P., & Judge, T. (2017). Organizational Behaviour, Global Edition. Pearson Education. https://archive.org/details/organizationalbe0000step/page/4/mode/2up
Rusmini. (2022). Psikologi Manajemen. Pusaka Jambi.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Semiun. (2006). Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud. Kanisius.
Zaviera. (2007). Teori Kepribadian Sigmund Freud. Rineka Cipta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##