MANAJEMEN PERUBAHAN DAN INOVASI DALAM ORGANISASI

  • Nursahwal Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Perubahan, Manajemen Inovasi, Organisasi

Abstrak

Artikel ini dilakukan untuk mengeksplorasi konsep, pendekatan, model-model, faktor pendorong, dan juga manfaat manajemen perubahan dan inovasi dalam organisasi untuk menghadapi dinamika lingkungan organisasi yang semakin kompleks dan kompetitif. Tujuan dari adanya artikel ini ialah untuk membahas mengenai manajemen perubahan dan inovasi dalam organisasi. Jenis penelitian yang digunakan ialah studi kepustakaan dengan mengumpulkan data dari sumber primer seperti buku dan artikel jurnal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian studi kepustakaan ini adalah dengan menelusuri dan membaca berbagai literatur atau sumber-sumber tertulis yang berkaitan dengan penelitian. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dengan melalui tahapan diantaranya mengidentifikasi topik dan fokus penelitian, pengumpulan literatur dan sumber terkait, mengelompokkan informasi dari literatur, menyajikan data secara sistematis, pemahaman konteks, dan penarikan kesimpulan. Manajemen perubahan berfokus pada proses sistematis untuk menerapkan strategi yang mendorong adaptasi individu dan organisasi terhadap kondisi baru, dengan tujuan memastikan perubahan dapat diterima, diterapkan, dan berkelanjutan. Sebaliknya, manajemen inovasi adalah proses strategis untuk menciptakan, mengelola, dan mengimplementasikan ide-ide baru guna memberikan nilai tambah bagi organisasi dan menciptakan keunggulan bersaing. Inovasi mencakup aspek produk, proses, dan pasar yang memungkinkan organisasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan serta merespons perubahan eksternal dengan cepat. Implikasi dari adanya kajian terhadap literatur yang membahas mengenai manajemen perubahan dan inovasi dalam organisasi ini ialah diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi akademisi dan praktisi dalam mengembangkan organisasi yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan. Selain itu, memberikan rekomendasi praktis bagi pemimpin organisasi, manajer, dan praktisi bisnis dalam merancang serta mengelola strategi perubahan dan inovasi dalam organisasi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Alam, W. Y., Dyatmika, S. W., Ula, F. N. R., Sari, L., Aulia, A. P., Banggut, P. D., & Ngadas, P. (2023). Menggali Potensi Manajemen Inovasi. Sumedang: CV Mega Press Nusantara.

Amwa, D. R., & Aslami, N. (2022). Manajemen Perubahan dan Inovasi Upaya Meningkatkan Daya Saing Suatu Organisasi. Jurnal Manajemen Akuntansi, 2(1), 140–144.

Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi. Jurnal EduTech, 3(1), 117–132.

Damanpour, F., & Schneider, M. (2006). Phases of the Adoption of Innovation in Organizations: Effects of Environment, Organization and Top Managers1. British Journal of Management, 17(3), 215–236. https://doi.org/doi: 10.1111/j.1467- 8551.2006.00498.x

Darroch, J., & McNaughton, R. (2002). Examining the link between Knowledge Management Practices and Types Innovation. Journal of Intellectual Capital, 3(3), 210–222.

Muhtar, N. S., Jumawan, J., Hadita, H., Ramadhan, R., R, R. G. P., Ramadhan, I. D., Nurlela, S., & Firmansyah, R. R. (2023). Manajemen Perubahan Organisasi: Menciptakan Budaya Kerja yang Mendukung Inovasi. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4745–4749. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1808

Nurjanah, S. (2015). Peranan Manajemen Inovasi dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan. Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 2(1), 27–33.

Rahmadyah, N., & Aslami, N. (2022). Strategi Manajemen Perubahan Perusahaan di Era Transformasi Digital. Ekononam :Jurnal Ekonomi, 2(1), 78–83. https://doi.org/10.56456/jebdeker.v2i2.117

Rismansyah. (2024). Manajemen Perubahan. Padang: Omera Pustaka.

Rouf, A. (2016). Transformasi dan Inovasi Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 333–354. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.904

Tompubolon, M. P. (2020). Change Management Manajemen Perubahan : Individu, Tim Kerja, Organisasi. Bogor: Mitra Wacana Media.

Usman, F., Syahran, & Sugiati, T. (2024). Inovasi dalam Manajemen Strategik. Padang: Takaza Innovatix Labs.

Wahyudi, S. (2019). Teori Inovasi: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Valuta, 5(2), 93–101.

Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zulfianti, N., & Riza. (2015). Manajemen Inovasi dan Perubahan pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Imam Bonjol Padang). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(1), 134–148. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/view/626/521

Diterbitkan
2025-02-03
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 3 times