Pengaruh Dosis Klorin terhadap Total Coliform Wai Sauq Bantaran Sungai Mandar

  • Patmawati Patmawati universitas al asyariah mandar
    (ID)
  • Sukmawati Sukmawati universitas al asyariah mandar
    (ID)

Abstract

Wai Sauq merupakan salah satu sumber air bersih dan diminum langsung melalui filtrasi secara alami oleh warga. Salah satu pencemaran secara mikrobiologis yang terjadi yaitu melimpahnya bakteri coliform. Bakteri E.Coli dan fecal coliforms merupakan bagian terkecil dari total coliforms yang digunakan sebagai indikator dimana bakteri tersebut dapat menjadi sinyal untuk menentukan suatu sumber air telah terkontaminasi oleh patogen atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah total coliform di Wai Sauq di Bantaran Sungai Mandar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel, survey lapangan, pengujian di lapangan menggunakan chlorinediffuser serta analisis di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi dosis klorin maka semakin rendah jumlah total colifrom yang ada di Wau Sauq Bantaran Sungai Mandar.

 

Keywords : Dosis, Klorin, Total Coliform, Wai Sauq.

Author Biography

Patmawati Patmawati, universitas al asyariah mandar
Fakultas kesehatan masyarakat

References

Chandra B. (2005). Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta : EGC

Kemenkes RI. (2018). Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta : Kementrain Kesehatan Indonsea .

Afsar, Farhan Ali. Wai Sauq, mendulang air di tepian Sungai. Mandar News : 2013.

­_____________. (2016). Warga Suku ini Masih Menggali Mata Air Ketika Sungai Kering. Liputan 6.com.

Widiyanti. (2018). Parameter Fisik dan Jumlah perkiraan terdekat coliform air danau Buyan Desa Pancasari Kecamatan Sukasada Buleleng. P-ISSN: 2301-3142, E-ISSN : 2548-8570 Vol. 6 No. 1 .

Akili. (2018). Analisis Kandungan Bakteri Total Coliform dalam air bersih dan Escherchia coli dalam air minum pada Depot Air Isi Ulang di Wilayah Kerja Puskesmasn Timinting Kota Manado. Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Winarti, F dan Puspitasari E.D. (2013). Peran pemerintah dalam penanggulangan pencemaran air tanah oleh bakteri E.Coli di Kota Yogyakarta. Mimbar hukum Volume 25 Nomor 3, Juni 2013 halaman 219-230.

Published
2020-06-08
How to Cite
Patmawati, P., & Sukmawati, S. (2020). Pengaruh Dosis Klorin terhadap Total Coliform Wai Sauq Bantaran Sungai Mandar. HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 6(1), 26-29. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/higiene/article/view/10024
Abstract viewed = 319 times