Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Personal Hygiene Selama Menstruasi pada Santriwati di Pesantren Babul Khaer Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016

  • Emmi Bujawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Raodhah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Indriyanti Indriyanti
    (ID)

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa yang diwarnai oleh perubahan pertumbuhan, munculnya berbagai kesempatan dan seringkali menghadapi risiko-risiko kesehatan reproduksi. Personal hygiene selama menstruasi merupakan isu kritis sebagai determinan status kesehatan remaja yang akan berpengaruh dalam kehidupan masa tua. Salah satu upaya mengurangi gangguan pada saat menstruasi yaitu membiasakan diri dengan perilaku higienis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan personal hygiene selama menstruasi, seperti pengetahuan, komunikasi teman sebaya, usia menarche dan kepercayaan terhadap mitos pada santriwati Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Babul Khaer Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah santriwati Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Babul Khaer Kabupaten Bulukumba sebanyak 117 santriwati. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Hasil penelitian menunjukkan  sebesar 76,1% responden yang memiliki personal hygiene selama menstruasi yang cukup dan yang memiliki personal hygiene selama menstruasi yang kurang sebesar 23,9%. Terdapat hubungan antara pengetahuan (p=0,000), komunikasi teman sebaya (p=0,002), dan kepercaayaan terhadap mitos (p=0,000) dengan personal hygiene selama menstruasi, sedangkan usia menarche (p=0,473) tidak memiliki hubungan dengan personal hygiene selama menstruasi. Penelitian ini menyarankan agar para remaja dapat meningkatakan personal hygiene selama menstruasi dengan cara membekali diri sebanyak-banyaknya dengan pengetahuan yang diperoleh baik dari media massa, orang tua atau buku. Bagi pihak sekolah dapat menerapkan metode pendidikan kesehatan dalam meningkatkan personal hygiene selama menstruasi sepetri FGD (Focus Group Discussion).

 

Kata Kunci : Personal Hygiene, Menstruasi, Santriwati.

Author Biographies

Emmi Bujawati, UIN Alauddin Makassar
Departemen Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Sitti Raodhah, UIN Alauddin Makassar
Departemen Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Ardani. (2010). Perilaku remaja putri dalam perawatan kebersihan alat kelamin pada saat menstruasi di SMP 3 Pulau Rakyat. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Anusree. (2014). Knowlwdge Regarding menstrual Hygiene amoong Adolescent Girls in selected school, Mangalore with a view to Develop an Information Booklet. IOSR Journal of Nurishing and Health Science (IOSR-JNHS): Volume 3, Issue 1, Ver. IV.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Indriastuti. (2009). Hubungan antara Pengetahuan kesehatan Reproduksi dengan Perilaku Hygienis Remaja Putri pada saat Menstruasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kementerian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro.

Kemenkes. (2013). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012 Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Kemenkes.

Notoatmodjo. (2011). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni . Jakarta: Rineka cipta.

Patricia. (2005). Buku Ajar fundamental Keperawatan consep Edisi 4. Jakarta: EGC.

Rahmawati T, & Kusmawati. (2011). Hubungan Antara Sumber Informasi Dan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Perilaku Personal Hygiene Selama Menstruasi Pp : 240-248. Prosiding Seminar Nasional “Peran Kesehatan Masyarakat Dalam Pencapaian MDG’s Di Indonesia. FKM UNSIL. Lampung

Shihab, M. Quraish. (2009). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Sunaryo. (2013). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Suryati. (2012). Perilaku Kebersihan Remaja Saat Menstruasi. Jurnal Healt Quality Volume, 3, No. 1.

Tartowo dan Wartonah. (2010). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Uzochukwu. (2009). The Impact Of Premenarcheal Training On Menstrual Practice And Hygiene Of Nigerian School Girls. Pan Afr. Med. J. 22.

Published
2017-04-09
How to Cite
Bujawati, E., Raodhah, S., & Indriyanti, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Personal Hygiene Selama Menstruasi pada Santriwati di Pesantren Babul Khaer Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016. HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 3(1), 1-9. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/higiene/article/view/2675
Abstract viewed = 2763 times