ANALISIS PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN DESA ULUBALANG KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE

  • Rizka Jafar Universitas Islam Negeri Alauddin makassar
    (ID)
  • Kamaruddin Kamaruddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisisseberapa besar pemanfaatan dana desa dalam program pembangunan Desa Ulubalang Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone.

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan studi yang mengkaji pemanfaatan dana desa. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan informan yang dianggap berpotensi memberikan informasi tentang pemanfaatan dana desa di Kabupaten Bone Kecamatan Salomekko, program pembangunan Desa Ulubalang, serta melalui observasi dan dokumentasi hasil pemanfaatan dana desa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan dana desa dalam program pembangunan Desa Ulubalang Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone efektif. Hal ini disebabkan karena pemerintah desa dan masyarakat memprioritaskan kebutuhan yang paling mendesak yang sesuai dengan dana yang diberikan oleh pemerintah pusat. Sehingga pembangunan tersebut dampaknya terhadap ekonomi orang-orang yang terlibat dalam pembangunan ini. Selain itu, pembangunan tidak hanya infrastruktur yang memudahkan mobilisasi misalnya jembatan dan jalan, akan tetapi juga pada pembangunan di bidang lain seperti bidang pendidikan dan kesehatan.

 

Kata Kunci: Dana Desa, Pembangunan, Desa Ulubalang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizka Jafar, Universitas Islam Negeri Alauddin makassar
Program Studi Ilmu Ekonomi
Kamaruddin Kamaruddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Ilmu Ekonomi

References

Alaydrus, H., & M. Azka, R. (2018). Indeks Pembangunan Desa: Jumlah Desa Tertinggal Susut. Bisnis Indonesia.

Arianto, B., Putri, N. A. D., & Askarmin. (2019). Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja. 9(2), 144–153.

Hafid, R. (2016). Pemanfatan Dana Desa Dalam Pembangunan Desa Mangilukecematan Bungoro Kabupaten Pangkep. UIN Alauddin Makassar.

Handayani, R. (2015). Pembangunan Masyarakat. UIN Alauddin Makassar.

Rikumahu, P. (2016). ANALISIS PEMANFAATAN DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN PERDESAAN DI PROVINSI MALUKU TAHUN 2015. Jurnal Ekonomi Peluang, 10(2), 87–105.

Thomas. (2013). PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DI DESA SEBAWANG KECAMATAN SESAYAP KABUPATEN TANA TIDUNG. Journal Pemerintahan Integratif, 1(1), 51–64.

Yosep, J. C. (2016). Analisis Pemanfaatan Dana Desa Pada Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende (Study Kasus Pada Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2016).

Zainal, N. H., Elvira, F., & Jafar, R. (2021). Studi Pemberdayaan Masyarakat pada Program Dana Desa di Desa Pa’batangang, Kec. Mappakasunggu, Kab. Takalar. Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik (JAKPP), 7(1), 30–50. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jakpp/article/view/11688

Peraturan Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 tahun 2019 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020

PP Nomor 60 Tahun 2014 entang Dana Desa yang Bersumber dari ANggaran Pendapatan dan Belanja Negara

PP Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Published
2021-04-05
How to Cite
Jafar, R., & Kamaruddin, K. (2021). ANALISIS PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN DESA ULUBALANG KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE. ICOR: Journal of Regional Economics, 2(1). Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/icor/article/view/21852
Section
Volume 2 Nomor 1 April (2021)
Abstract viewed = 117 times