FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP INDUSTRI KECIL DI KOTA MAKASSAR TAHUN 2009-2018

  • Rizka Jafar Universitas Islam Negeri Aluddin Makassar
    (ID)
  • Andi Nur Fajar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan modal investasi terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil di Kota Makassar; 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan upah terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil di Kota Makassar; 3) untuk mengetahui apakah ada positif dan signifikan pengaruh jumlah unit usaha terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil di Kota Makassar dan 4) Untuk mengetahui modal investasi, upah dan jumlah unit usaha

secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil di Kota Makassar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada industri kecil Kota Makassar. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai bulan Januari-Februari 2020 Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang bersifat time series dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui program SPSS 22.

Penelitian ini menemukan bahwa modal investasi berpengaruh positif signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor industri kecil; Upah berpengaruh negatif signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor industri kecil; Jumlah unit usaha berpengaruh positif signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada

sektor industri kecil; dan Modal investasi, upah dan jumlah unit usaha secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor industri kecil di Kota Makassar.

 

Kata Kunci: Modal Investasi, Upah, Jumlah Unit Usaha, Penyerapan Tenaga Kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizka Jafar, Universitas Islam Negeri Aluddin Makassar
Jurusan Ilmu Ekonomi
Andi Nur Fajar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Ilmu Ekonomi

References

Afrida. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Almizan. 2016. “Pembangunan Ekonomi dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam. Volume 1, Nomor 2, (Juli-Desember 2016).

Anoraga, Pandji. 1997. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka cipta.

_______dan Sudantoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardiansyah, Muhammad, Idah Zuhroh, M. Faisal Abdullah. 2018. “Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Pengolahan Tahun 2001-2015 di Pasuruan dan Sidoarjo”. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol 2 Jilid 2 (Tahun 2018).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bellante, Don and Mark Janson. 2006. Ekonomi Ketenagakerjaan, Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Cahyadi, Luh Diah Citraresmi. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Industri Kreatif di Kota Denpasar”. Jurnal Ekonomi UNUD). Bali, Indonesia.

Departemen Perindustrian. 2000. Pengembangan Industri di Kota Makassar. Makassar: Penerbit Biro Pusat Statistik.

Dewi, Ni Made Sintya dan I Ketut Sutrisna. 2015. “Pengaruh Investasi dan Ekspor terhadap Penyerapan Tenaga Kerja melalui Pertumbuhan Ekonomi”. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol. 4, No. 6, (Juni 2015).

Dimas dan Nenik Woyanti. 2009. “Penyerapan Tenaga Kerja di DKI Jakarta”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol. 16 No. 1, (Maret 2009).

Djoyohadikusumo, Sumitro. 2002. Pengantar Analisis Ekonomi Pertanian. Jakarta: Erlangga.

Dongoran, Faisal R., Khairul Nisa, Marni Sihombing, Lusita Devi Purba. 2016. “Analisis Jumlah Pengangguran dan Ketenagakerjaan terhadap Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Medan”. Jurnal EduTech. Vol. 2 No. 2 (September 2016).

Fadlilah, Diah Nur. 2012. Analisis Penyerapan tenaga Kerja Pada Industri kecil (Studi Kasus di Sentra Industri Kecil Ikan Asin di Kota Tegal). Hajrah H. 2017. “Pengaruh Nilai Produksi, Investasi, dan Jumlah Unit Usaha terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Kecil dan Menengah di Kota Makassar”. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UINAM.

Handayani, Risma. 2016. “Pengaruh Jumlah Unit Usaha dan Upah Minimum Regional terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Bantaeng Tahun 2001-2015”. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UINAM.

Handoko, Hani. 1985. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty.

Haryani, Sri. 2009. Hubungan Industrial di Indonesia. UPP AMP YPKN.

Karib, Abdul. 2012. “Analisis Pengaruh Produksi, Investasi dan Unit Usaha terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Sumatera Barat”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 3, Nomor 3, (September 2012).

Kemenag RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Solo: Sygma.

Lestari, Ayu Wafi. 2011. “Pengaruh Jumlah Unit Usaha, Nilai Investasi, dan Upah Minimum terhadap Permintaan Tenaga Kerja pada Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Semarang”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Lilyawati dan Made Kembar Sri Budhi. 2016. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja dan Efisiensi Usaha Industri Furniture Kota Denpasar”. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Vol. 5, No. 8 (Agustus 2016).

Nababan, Christofel D. 2009. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Jagung di Kecamatan Tiga Binanga Kabupaten Karo”. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara Fakultas Ekonomi.

Prabaningtyas, Meiditya Yudi. 2015. “Pengaruh Upah, Modal, Jumlah Unit Usaha, Jumlah Produksi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja”. Economics Development Analysis Journal, Vol. 4 No. 4, (2015).

Putra, Riky Eka. 2012. “Pengaruh Nilai Investasi, Nilai Upah, dan Nilai Produksi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Mebel di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”. Economics Development Analysis Journal 1 (2) (2012).

Raheman, Abdul and Muhamed Nasr. 2007. “Working Capital Management and Profitabilit”. International Review of Bussines Research Papers (2007). Diponegoro: Universitas Diponogoro.

Rejekiningsih, Tri Wahyu. 2004. “Mengukur Besarnya Peranan Indrustri Kecil dalam Perekonomian di Provinsi Jawa Tengah”. Jurnal Dinamika Pembangunan. Volume 1 No 2, (Desember 2004).

Rosyidi, Suherman. 2004. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro. Surabaya: Rajawali Pers.

Saputri, Miki Dwi dan Kunto Inggit Gunawan. 2018. “Analisis Pengaruh Jumlah Unit Usaha, Investasi dan Upah Minimum terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Industri Pengolahan Besar dan Sedang di Kota Surabaya Tahun 2005-2014”. Jurnal Ekonomi & Bisnis. Volume 3, Nomor 1, (Maret 2018).

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Fakultas Ekonomi UI.

Soleh, Ahmad. 2017. “Masalah Ketenagakerjaan dan Pengangguran di Indonesia”. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol. 6 No. 2 (Juli 2017).

Subri, Mulyadi. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusi Dalam Prospek Pembangunan. Jakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penilitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

_________. 2007. Makro Ekonomi Modern. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

_________. 2009. Teori dan Kebijakan Publik Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tambunan, Tulus. 2001. Industrialisasi di Negara Sedang Berkembang Kasus Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Taufik, Muhammad. 2014. “Pengaruh Investasi dan Ekspor terhadap Pertumbuhan Ekonomi serta Penyerapan Tenaga Kerja Provinsi Kalimantan Timur”. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, Vol. 7, No. 2 (Agustus 2014).

Tejasari, Maharani. 2008. “Peran Sektor Usaha Kecil dan Menengah dalam Penyerapan Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia”. Skripsi. Bogor: IPB.

Undang-Undang RI. No. 13 tentang Ketenagakerjaan. Jakarta 2003.

Wahyudi, Ahmad. 2004. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Ghalia Indonesia. 83

Wicaksono, Rezal. 2010. “Analisis Pengaruh PDB Sektor Indusitri, Upah Rill, Suku Bunga Rill, dan Jumalah Unit Usaha terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Pengolahan Sedang dan Besar di Indonesia Tahun 1990-2008”. Skripsi. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Wihastuti, Latri dan Henny Rahmatullah. 2018. “Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Penyerapan Tenaga Kerja di Pulau Jawa”. Jurnal Gama Societa, Vol. 1, No. 1, (Januari 2018).

Woyanti, Nenik dan Ayu Wafi Lestari. 2011. “Pengaruh Jumlah Usaha, Nilai Investasi, dan Upah Minimum Terhadap Permintaan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil dan Menengah Kabupaten Semarang”. Skripsi. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Zamrowi, M. Taufik. 2007. “Analisis Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kecil”. Tesis. Semarang: Pascasarjana, Universitas Diponegoro.

Zumaidah, Lutfi Nofi dan Aris Soelistyo. 2018. “Pengaruh Total Aset, Dana Pihak Ketiga, dan Kredit Pada Bank Umum terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi-Provinsi di Indonesia pada Tahun 2013-2016”. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol 2 Jilid 2 (Tahun 2018).

Published
2021-08-10
How to Cite
Jafar, R., & Fajar, A. N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP INDUSTRI KECIL DI KOTA MAKASSAR TAHUN 2009-2018. ICOR: Journal of Regional Economics, 2(2). Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/icor/article/view/23467
Section
Volume 2 Nomor 2 Agustus (2021)
Abstract viewed = 309 times