ANALISIS DAMPAK MASUKNYA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU SIDRAP 70 MW TERKAIT KUALITAS ENERGI LISTRIK SISTEM SULSELBAR DAN KONTINUITAS PELAYANAN PADA KONDISI TEGANGAN DIP DENGAN PEMODELAN SIMULASI KOMPUTER

  • MUH RAIS Universitas Patria Artha
    (ID)
  • ROSIHAN AMINUDDIN Universitas Patria Artha
    (ID)

Abstract

Sistem tenaga listrik secara umum terdiri dari unit-unit pembangkit yang terhubung dengan saluran untuk melayani beban. Sistem tenaga listrik yang memiliki banyak mesin biasanya menyalurkan daya kebeban melalui saluran interkoneksi. Tujuan utama dari sistem saluran interkoneksi adalah untuk menjaga kontinuitas dan ketersediaan tenaga listrik terhadap kebutuhan beban yang terus meningkat. Semakin berkembang sistem tenaga listrik dapat mengakibatkan lemahnya performasi sistem ketika mengalami gangguan. Salah satu efek gangguan adalah osilasi elektromagnetik yang jika tidak diredam dengan baik maka sistem akan terganggu dan dapat keluar dari area kestabilannya sehingga mengakibatkan pengaruh yang lebih buruk seperti pemadaman total (black out). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak stabilitas frekuensi yang ditimbulkan masuknya PLTB Sidrap 70 MW dalam Interkoneksi Sistem Kelistrikan Sulselbar menggunakan pemodelan simulasi komputer dengan metode Algoritma Genetika sehingga didapatkan suatu pomedelan tentang bagaimana mengatasi studi stabilitas sistem kelistrikan yang ada di Interkoneksi Sistem Kelistrikan Sulselbar.

Kata Kunci: Analisis, Frekuensi, Algoritma Genetika

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

MUH RAIS, Universitas Patria Artha
Teknik Elektro Universitas Patria Artha
ROSIHAN AMINUDDIN, Universitas Patria Artha
Teknik Elektro Universitas Patria Artha

References

Muhira Dzar Faraby, 2014, “Optimalisasi Penempatan SVC Pada Sistem Kelistrikan Sulselbar Dengan Menggunakan Algoritma Genetika”, Tesis Universitas Hasanuddin, Makassar.

Bagian Sistem Operasi, 2016, “Laporan Beban Harian Interkoneksi Sistem Kelistrikan Sulselbar Tanggal 31 Agustus 2016” PT. PLN (Persero), AP2B Sistem Sulsel, Makassar.

Hartono Budi Santoso, 2012, Pengembangan Sistem Manajeman Energi Pada Sistem Jaringan Listrik Mikrocerdas Untuk Meningkatkan Stabilitas Operasi”, Disertasi Universitas Indonesia, Jakarta.

Najamuddin Harun, 2007, “Materi Pelatihan Sistem Tenaga Listrik di PLN AP2B”, Teknik Elektro Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sinung Dwi Anggraeni, 2015, “Kestabilan Transient Dalam Sistem Mikrogrid”, Universitas Indonesia, Jakarta.

Sutojo, Mulyanto Edy, 2011, “Kecerdasan Buatan”, Penerbit Andi, Semarang.

Alamajibuwono, Hadha, 2011, Optimasi Penempatan Kapasitor Menggunakan Algoritma Genetika Pada Sistem Distribusi Untuk Memperbaiki Faktor Daya dan Tegangan, Jueusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.

Suyanto, 2005, Algoritma Genetika Dalam MATLAB, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Ilham dan Ardi, 2016, “Analisa Kestabilan tegangan statis dan dinamis pada system jaringan distribusi Sidrap dengan masuknya PLTB UPC Renewble Energy 70 MW”, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Nur Hasana Faisal dan Muhammad Taufik Ismail, 2016, “Analisa frekuensi system Sulselbar terhadap penetrasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)”, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Amir Khaledian and Masoud Aliakbar Golkar, 2016, “A New Sharing Power Control Method for Stability Enhancement of Islanding Microgrid’, K.N. Tossi University of Technology Tehran, Iran.

Pablo F. Frack, Marcelo G. Milona and Rik W. De Doncker, 2015, “Control Strategy for Frequency Control in Autonomous Microgrid”, IEEE Journal of Emerging and Selected Topic in Power Electronic, Vol. 3 No. 4, December 2015.

Published
2020-03-01
Section
Volume 5, Nomor 1 April Tahun 2020
Abstract viewed = 1050 times