OTOMATISASI PEMUSATAN JARINGAN IPV4 dan IPV6 MENGGUNAKAN RIVERBED MODELER

  • MUHAMMAD IMAM GHOZALI Universitas Muria Kudus
    (ID)

Abstract

Simulasi jaringan adalah teknik untuk menguji operasi teknologi atau protokol sebelum penyebaran aktualnya, atau bahkan selama penyebaran. Konsep-konsep ini terkait konsistensi Kualiatas Layanan dua protokol IPv4 dan IPv6 dalam jaringan skala besar seperti internet. Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa sebagian besar Penyedia Layanan Internet (ISP) hanya menyediakan jaringan akses berbasis IPv4, namun, klien dapat menggunakan IPv6 secara lokal. Beberapa mekanisme transisi dan teknik penerjemahan alamat dapat digunakan untuk mengakomodir interkoneksi dua protokol yang berbeda. Dalam makalah ini, kami mengusulkan pendekatan baru untuk mengotomatisasi simulasi mekanisme transisi IPv6 dan IPv4 dalam jaringan skala besar. Pendekatan yang diusulkan dengan simulator Riverbed Modeler dan dapat dimodifikasi untuk memasukkan simulator jaringan lainnya. Hasil evaluasi pendekatan menunjukkan bahwa durasi pengaturan jaringan komputer dengan 100 node IPv6 yang saling berhubungan melalui jaringan IPv4 tidak melebihi total 30 detik.

 

Kata Kunci : simulasi,otomatisasi,ipv4,ipv6, riverbed modeler, jaringan komputer

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

MUHAMMAD IMAM GHOZALI, Universitas Muria Kudus

Fakultas Teknik

Universitas Muria Kudus

References

I. Marzuki, “Mekanisme Transisi IPv4 dan IPv6 Menggunakan Metode Automatic Tunneling Pada Jaringan Client Server Berbasis Linux,” J. Teknol. Inf. Indones., vol. 3, no. 2, pp. 68–73, 2019.

R. Z. Wijaya, D. Siregar, and R. Syah, “Analisis Dan Simulasi Jaringan Menggunakan Metode Extended Access List Pada Router 2811.”

M. Ghozali, A. Murti, R. Nindyasari, W. Sugiharto, and M. Hakim, “Quality Analysis Of Service (QOS) to Measuring Quality Topology Network Computer-Based National Exam (UBNK),” pp. 1–8, 2019.

“bgp.he.net, I., . AS7713 PT Telekomunikasi Indonesia.” .

S. Wardoyo, T. Ryadi, and R. Fahrizal, “Analisis Performa File Transport Protocol Pada Perbandingan Metode IPv4 Murni, IPv6 Murni dan Tunneling 6to4 Berbasis Router Mikrotik,” J. Nas. Tek. Elektro, vol. 3, no. 2, p. 106, 2014.

M. Basuki et al., “IMPLEMENTASI INTEGRASI JARINGAN IPv4 DAN JARINGAN IPv6 PADA LOCAL AREA NETWORK ( LAN ) DENGAN SISTEM TUNNELING,” pp. 1–11.

R. Artondo, “Analisa dan Implementasi IPv6 Tunnel Broker Untuk Interkoneksi Antara IPv6 dan IPv4,” 2011.

Published
2021-04-20
Section
Volume 5, Nomor 1 April Tahun 2020
Abstract viewed = 212 times