RANCANG BANGUN INTERNET OF THINGS DEVICE INTERFACES (IODI)

  • NUR ASMI RAHMAWATI Prodi Teknik Listrik dan Instalasi Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng
    (ID)
  • TINO SUHAEBRI Prodi Teknik Listrik dan Instalasi Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng
    (ID)
  • A. MUHAMMAD SYAFAR Prodi Teknik Informatika
    (ID)

Abstract

Internet of Things didefenisikan sebagai sebuah teknologi yang memungkinkan adanya pengendalian, komunikasi, kerja sama dengan berbagai perangkat keras, berbagai data, memvirtualisasikan segala hal nyata ke dalam bentuk internet, dan lain lain melalui jaringan internet. Perangkat dibuat dengan memanfaatkan modul wifi EP8266 dan sebuah triac dengan kapasitas arus 16A. Hasil pengujian didapatkan respon tercepat yaitu 2 detik untuk pengujian kondisi ON ke OFF dan kondisi OFF ke ON, respon terlama yaitu 10 detik untuk kondisi ON ke OFF dan 6 detik untuk kondisi OFF ke ON. Sedangkan respon waktu rata-rata yang didapatkan dari kondisi ON ke OFF adalah 5.2 detik, dan respon waktu rata-rata yang didapatkan dari kondisi OFF ke ON adalah 4.4 detik.

Kata kunci: Internet of things, IODI. ESP8266.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

NUR ASMI RAHMAWATI, Prodi Teknik Listrik dan Instalasi Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng
Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng
TINO SUHAEBRI, Prodi Teknik Listrik dan Instalasi Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng
Akademi Komunitas Industri Manufaktur Bantaeng
A. MUHAMMAD SYAFAR, Prodi Teknik Informatika
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

A. Kurniawan, “SEJARAH, CARA KERJA DAN MANFAAT INTERNET OF THINGS,” vol. 8, no. 2, p. 6, 2018.

E. S. Wihidayat and D. Maryono, “Pengembangan Aplikasi Android Menggunakan Integrated Development Environment (Ide) App Inventor 2,” Jurnal Geodesi Undip, vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2017.

F. Abdullah, “FENOMENA DIGITAL ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, vol. 4, p. 47, Apr. 2019.

P. A. S. Nugraha, M. Awaluddin, and B. Sasmito, “Pembuatan Aplikasi Sebaran Lokasi Wisata Kuliner Di Kota Surakarta Berbasis Android (Studi Kasus : Kota Surakarta),” Jurnal Geodesi Undip, vol. 6, no. 4, pp. 60–69, 2017.

R. P. Agrarian, A. Suprayogi, and B. D. Yuwono, “Pembuatan Aplikasi Mobile Gis Berbasis Android Untuk Informasi Pariwisata Di Kabupaten Gunung kidul,” Jurnal Geodesi Undip, pp. 241–247, 2015.

S. Samsugi, A. Ardiansyah, and D. Kastutara, “Arduino dan Modul Wifi ESP8266 sebagai Media Kendali Jarak Jauh dengan antarmuka Berbasis Android,” Jurnal Teknoinfo, vol. 12, p. 23, Jan. 2018.

www.dewaweb.com, “Panduan phpmyadmin untuk pemula,” June 2019. Link: https://www.dewaweb.com/blog/panduan-phpmyadmin-untuk-pemula/, diakses 15 Juli 2019

Published
2021-04-01
Section
Volume 6, Nomor 1, April Tahun 2021
Abstract viewed = 110 times