APLIKASI PENGELOLAAN DISPOSISI SURAT BERBASIS WEB PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KOTA MAKASSAR

  • IMASITA Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Ujung Pandang
    (ID)
  • HIRMAN Jurusan Administrasi Niaga , Politeknik Negeri Ujung Pandang
    (ID)

Abstract

Aplikasi pengelolaan  disposisi surat berbasis web pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar. Tujuan penelitian ini  adalah menghasilkan sistem informasi pengelolaan disposisi surat terintegrasi antara pimpinan dengan sekretaris yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi disposisi surat dengan menggunakan model waterfall.  Model pengembangan perangkat lunak ini menggunakan pendekatan yang sistematis dan berurutan (sekuensial), dimulai dari analisis, perencanaan, desain aplikasi, implementasi, dan pengujian Hasil penelitian diperoleh adalah mendesain sistem informasi pengelolaan disposisi surat terintegrasi  antara pimpinan dengan sekretaris. Sekretais sebagai administrator yang melakukan penyimpanan dokumen dengan meneruskan kepimpinan untuk melakukan disposisi. Kelebihan aplikasi ini adalah memudahkan pimpinan untuk melakukan disposisi, hasil disposisi pimpinan dapat diakses oleh sekretaris, disposisi pimpinan tidak dapat diubah oleh sekretaris hanya dapat meneruskan ke bagian yang terkait. Aplikasi ini memiliki notifikasi tentang percakapan antara sekretaris dengan pimpinan, dan aplikasi memiliki buku agenda yang memudahkan pencarian surat atau dokumen secara online atau offline.

 

Kata kunci: Surat, Disposisi, Aplikasi Website

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

IMASITA, Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Ujung Pandang

Jurusan Administrasi Niaga,  Politeknik Negeri Ujung Pandang

HIRMAN, Jurusan Administrasi Niaga , Politeknik Negeri Ujung Pandang

Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Ujung Pandang

References

Rohayati Arifin dkk. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi P-ISSN : 2088-6705
Volume 10, Nomor 1, Juni 2020 : 68 – 76 E-ISSN : 2621-5608. Mardiasmo. 2019. Akuntabilitas Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Hirman, 2022. Jurnal Instek Informatika Sains dan Teknologi. P –ISSN : 2541-1179, E-ISSN : 2581-1711. Ojs :http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/instek/index. Email: instek@uin-alauddin.ac.id. Digitalisasi Pengelolaan Dokumen Desa pada Desa Nisombalia Kecamatan Marusu Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Fajar Nyfantoro, Tamara Adriani Salim, Anon Mirmani, Pengembangan Pengelolaan Arsip Elektronik di Indonesia: Tinjauan Pustaka Sistematis, DIPLOMATIKA: Jurnal Kearsipan Terapan 2019, Vol. 3 No. 1, 1-5, ISSN 2597-9981 (print) ISSN 2598-0009 (online).

Nuraida, Ida. 2012. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius.

Imasita, Andi Gunawan dan Hirman. 2020. Elektronic Filing System: Temukan Arsip Kurang dari 5 Menit. Makassar: UPT Unhas Press.

Mardiasmo, 2019, Akuntabilitas Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.
Published
2022-04-01
Section
Volume 7, Nomor 1 April, Tahun 2022
Abstract viewed = 13 times