PENGEMBANGAN UI/UX MOBILE PADA PEMBUKAAN REKENING DIGITAL SAVING SECARA E-KYC DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

  • HARIS RISKI RAKHMAN Universitas Stikubank Semarang
    (ID)
  • FAYRUZ RAHMA Universitas Stikubank Semarang
    (ID)

Abstract

Pandemi COVID-19 menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan perbankan untuk dapat berevolusi demi mencapai target. Pembuatan tabungan secara online bagi para partisipan dimulai selama masa pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan orang dan menghindari proses pengantrian yang pada umumnya terjadi apabila menggunakan metode offline. Aplikasi Digital Saving adalah aplikasi yang menyediakan wadah kepada nasabah untuk melakukan pembukaan rekening secara online tanpa harus datang ke bank dan unduh aplikasi. Sistem yang digunakan pada aplikasi ini adalah e-KYC. e-KYC (electronic Know Your Customer) merupakan pengenalan pelanggan secara elektronik atau digital yang melibatkan sistem. Sehingga proses tersebut dapat dilakukan dengan mudah tanpa melibatkan kontak fisik. Proses pengembangan penelitian ini menggunakan pendekatan design thinking yang memiliki beberapa tahap yaitu: emphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Dalam penelitian ini, penulis mengharapkan di masa pandemi COVID-19 dapat membantu masyarakat agar lebih mudah untuk membuka rekening secara online.

Kata kunci: Design Thinking, Digital Saving, e-KYC, User Experience, User Interface.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

HARIS RISKI RAKHMAN, Universitas Stikubank Semarang

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri

Universitas Stikubank Semarang

FAYRUZ RAHMA, Universitas Stikubank Semarang

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri

Universitas Stikubank Semarang

References

Arifin, I. N., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Vol., 3(2), 1725–1732. http://j-ptiik.ub.ac.id
Hamdandi, M., Chandra, R., Bachtiar, F., Lais, N., Apriyanti, D., & Pribadi, M. R. (2022). Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Bapakkost Dengan Metode Design Thinking. MDP Student Conference 2022, 2021, 392–397.
Husna, H. T., Susanti, F., & Pratondo, A. (2020). Perancangan Dan Implementasi Desain User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Pendidikan Seks Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. EProceedings of Applied Science, 6(2), 2697–2706.
Mantik, H. (2022). Pengembangan ekyc (electronic know-your-customer) menggunakan metode biometric sebagai alat bantu verifikasi data pelanggan. Studi kasus pt xyz. Hari mantik.
Perbankan. (2021). DIGITAL Apa itu Digital Platform pembukaan rekening. Digital Saving.
Pradana, A. R., & Idris, M. (2021). Implementasi User Experience Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking. Automata, 2(2). https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19447
Shirvanadi, E. C., & Idris, M. (2021). Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Automata.
Published
2022-08-03
Section
Volume 7, Nomor 2 Oktober, Tahun 2022
Abstract viewed = 434 times