APLIKASI E-COMMERCE PRODUK DAN JASA BAGI DISABILITAS MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UIN ALAUDDIN DENGAN METODE DESIGN THINKING

  • A.MUHAMMAD SYAFAR Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • FIRMANSYAH IBRAHIM Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh  adanya mahasiswa disabilitas di jurusan Teknik informatika UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini bertujuan Untuk membuat desain aplikasi E-Commerce Produk dan Jasa Bagi Disabilitas  Dengan Pendekatan Design Thingking, Dimana Penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban serta peran yang sama dimana hak-hak penyandang disabilitas tersebut mengakibatkan tidak terpenuhinya hak disabilitas yaitu diantaranya memiliki hak yang sama untuk berkomunikasi dan berinteraksi langsung tanpa adanya batasan, mengembangkan bakat, kemampuan serta kehidupan sosial baik dilingkungan keluarga maupun dilingkungan masyarakat.

Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi literatur. Aplikasi ini di uji digunakan pendekatan design thinking.

Dari penelitian ini menghasilkan perancangan dan aplikasi E-Commerce produk dan jasa bagi Disabilitas dengan pendekatan Design Thingking. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dapat memudahkan bagi disabilitas dalam melakukan transaksi E-commerce terhadap produk dan jasa.

Kata Kunci   : Design Thingking, Disabilitas, E-Commerce, Produk dan Jasa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

A.MUHAMMAD SYAFAR, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

FIRMANSYAH IBRAHIM, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

References

Arifianto, T.2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren Dengan Lwuit.Yogyakarta: Andi Publiser, .
Gaol, Chr.Jimmy L. 2008. Sistem Informasi Manajemen : Pemahaman dan Aplikasi.Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Gargenta, M. 2011.Learning Android. California : O’Reilly Media,
Handari W. 2012. Organisasi dan Kode Etik Profesi. Bandung: Politeknik Telkom Bandung
Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset.
Jogiyanto, H.M. 1997. Sistem Informasi Berbasis Komputer. Yogyakarta : BPFE.
Mauri, J. L. (2015). Android Oprertion System. Singapura: Defense Review
Nurgiyantoro dan Murdiono. 2012. Pusat pengembangan berkala ilmiah. Yogyakarta:LP2M Universitas Negeri Yogyakarta
Pressman, Roger.2002 “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku SATU)”, Yogyakarta : Andi
Dendy Pratama, dkk. 2016. Rancang Bangun Alat dan Aplikasi untuk para Penyandang Tunanetra Berbasis Smartphone Android. Khazanah Informatika. Vol 2 (2): 14-18.
Dini Widinarsih . 2019. Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Perkembangan Istilah Dan Definisi.Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial,Vol 20 (2). 127-142.
Frichy Ndaumanu. 2020. Hak Penyandang Disabilitas: Antara Tanggung Jawab Dan Pelaksanaan Oleh Pemerintah Daerah (Disability Rights: Between Responsibility And Implementation By The Local Government). Jurnal Ham Vol 11 (1). 131-150
Tatik Mulyati, Ahadiati Rohmatiah, Dwi Nor Amadi. 2019, Pelatihan Dan Pendampingan Penyandang Disabilitas Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Jurnal Terapan Abdimas, Vol 4 (2). 187-191.
Published
2022-08-05
Section
Volume 7, Nomor 2 Oktober, Tahun 2022
Abstract viewed = 363 times