APLIKASI MONITORING KEMAJUAN SETORAN HAFALAN JUZ 30 BAGI MAHASISWA PRODI SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK INFORMATIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR DENGAN PROGRESSIVE WEB APPLICATION (PWA)

  • REZA MAULANA Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • LINDAH SARI Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: PWA, Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Hafalan

Abstract

Prodi Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar menerapkan mata kuliah Ilmu tajwid yang merupakan ilmu yang mempelajari tentang hukum bacaan Al-qur’an. Terdapat beberapa kendala yang sering terjadi yaitu setiap mahasiswa yang menyetor hafalan dan yang mengikuti penyeleksian kategori kelas pada dosen, masih menggunakan sistem manual, sehingga memungkinkan data-data yang dicatat pada dokumen secara manual dapat tercecer dan hilang. Jenis Penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Adapun metode yang digunakan untuk merancang sistem informasi manajemen pelaksanaan mata kuliah ilmu tajwid dan hafalan mahasiswa ini menggunakan metode waterfall. Aplikasi ini dibuat dengan Framework Yii, React js Nodejs,PHP versi 7.2 dengan perangkat lunak database MSQL dan Socket.io serta pengujian sistem aplikasi menggunakan metode Black-box. Dari Penelitian ini menghasilkan perancangan aplikasi yaitu Sistem Informasi Manajemen Pelaksanaan Mata Kuliah Ilmu Tajwid dan Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa Menggunakan Progressive Web Application

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

REZA MAULANA, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

LINDAH SARI, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Adi, dkk. 2017. “Platform E-learning untuk Pembelajaran Pemrograman Web Menggunakan Konsep Progressive Web Application”. Jurnal Teknik ITS, Vol. 6 No. 2 hal. A579.
Bahri dan Sumaryana. 2019. “Penerapan Progressive Web Apps Pada Aplikasi Lowongan Pekerjaan Dosen Universitas Perjuangan”. Jurnal Informatics And Digital Expert, Vol. 01 No. 01 hal. 26.
Kurniawan, dkk. 2020. “Analisis Performa Progressive Web Application (Pwa) Pada Perangkat Mobile. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, Vol. 25, No. 1, hal. 19.
Mutiawani, dkk. 2018.” Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Web Interaktif”. Jurnal Indonesian Journal of Applied informatics (IJAI), Vol. 02, No.02 hal. 77.
Rotikan, dkk. 2020.” Penerapan PWA Untuk Aplikasi E-Voting Pemilihan Pengurus BEM dan Senat di Universitas Klabat”. Jurnal Cogito Smart, Vol. 06, No. 02 hal. 192.
Pasaribu. 2017. “Penerapan Framework Yii Pada Pembangunan Sistem Ppdb Smp Bppi Baleendah Kabupaten Bandung”. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol. 3, No. 2, hal. 157.
Pemerintah Indonesia.1989.Undang-undang No. 02 tahun 1989 Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Lembaran Negara Tahun 1999 No. 115. Menteri Pendidikan Nasional.
Rahayu, dkk. 2015. “Perancangan Aplikasi Absensi Peserta Bimbingan Belajar Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Yii”. Vol. 9, No. 1, hal 53.
Ruslianto dan Ristian. 2019. “Aplikasi Pengawasan Kendaraan di Daerah Perbatasan Entikong berbasis Teknologi PWA Dan Load Balancing Server”. Jurnal Rekayasa sistem dan teknologi informas, Vol. 3, No. 1, hal. 43.
Wulandari. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasimonitoring Dan Evaluasi Hafalan Alquran program Beasiswasantri Berprestasi(Pbsb) Berbasis Web Pada Universitas Islam Negeri (Uin)Maulana Malik Ibrahim Malang Denganmetode Extreme Programming(Xp) [skripsi].Malang (ID): Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Published
2022-09-12
Section
Volume 7, Nomor 2 Oktober, Tahun 2022
Abstract viewed = 52 times