SISTEM PEMANTAUAN KECEPATAN DAN ARAH ANGIN PORTABLE BERBASIS MODUL KOMUNIKASI LoRa

  • ASRUL ASRUL Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • ASHADI AMIR Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
  • JUMAIDI Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare
    (ID)
Keywords: cuaca, kecepatan angin, anemometer, mikrokontroller, LoRa

Abstract

Cuaca merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan manusia pada berbagai bidang kehidupan khususnya pada bidang pertanian dan perikanan. Kecepatan dan arah angin dijadikan sebagai parameter dalam menentukan cuaca. Selain itu, angin dapat dimanfaatkan sebagai penggerak turbin pada pembangkit listrik tenaga bayu. Sehingga pada penelitian akan dibuat sistem pemantauan kecepatan dan arah angin yang dirancang dengan memanfaatkan sensor kecepatan dan arah angin yang terintegrasi dengan perangkat mikrokontroler. Hasil pembacaan sensor pada transmitter akan dikirimkan ke receiver secara wireless menggunakan modul LoRa. Hasil pembacaan sensor akan ditampilkan pada LCD. Pengujian dilakukan selama 2 hari. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengukuran kecepatan angin tertinggi didapatkan pada hari ke dua sebesar 5,7 m/s. Perbandingan pengukuran antara anemometer dan alat yang dibuat rata-rata menghasilkan error sebesar 8,06% dengan tingkat akurasi 91,94% menunjukkan bahwa alat yang dibuat berhasil dengan kinerja yang cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

ASRUL ASRUL, Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

ASHADI AMIR, Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

JUMAIDI, Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Parepare

References

Alfatikh, E. R. (2019). Pengembangan Sensor Kecepatan Angin untuk Early Warning System Bahaya Angin Kencang di Jembatan Suramadu. Jurnal Geografi, 17(1), 11-18.
Anonim. (-, - -). Pusat Meteorologi Maritim. (BMKG) Retrieved November 19, 2022, from https://maritim.bmkg.go.id/glossaries/60/Kecepatan-angin
Asrul, Sadjad, R. S., & Ahmad, A. (2017). Pemasangan Perangkat MP3-Player sebagai Sumber Suara pada Penerapan Teknologi “Sonic Bloom”. J. Sains & Teknologi, 7(2), 146–152.
Fernando, a., Jasa, L., & Hartati, R. S. (2022). Monitoring System Kecepatan dan Arah Angin Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan Raspberry Pi 3. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 21(1), 135-142.
Fuadi, K. N., & Attamimi, S. (2021). Sistem Pemantau Kecepatan Angin dan Arah Angin Untuk Engine Ground Run Area Berbasis Internet of Things. JTE (Jurnal Teknologi Elektro), 12(3), 129-133.
Nailufar, N. N. (2020, April 2). kompas.com. (Kompas) Retrieved November 19, 2022, from 1. https://www.kompas.com/skola/read/2020/04/02/ 150000969/angin-pengertian-faktor-dan-jenisnya?page=all
Nugroho, F., Farhan, D. H., & Prambodo, Y. L. (2022). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Arah dan Pengukur Kecepatan Angin Berbasis Arduino. JURNAL INFORMATION SYSTEM, 2(1), 88-94.
Samsinar, R., Septian, R., & Fadliondi. (2019). Alat Monitoring Suhu Kelembapan dan Kecepatan Angin dengan Akuisisi Database Berbasis Raspberry Pi. RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer), 3(1), 29-36.
Sitorus, M. T., Kurniasih, N., & Sari, D. P. (2021). 6. Prototype Alat Monitoring Suhu, Kelembaban dan Kecepatan Angin untuk Smart Farming menggunakan Komunikasi LoRa dengan Daya Listrik menggunakan Panel Surya. KILAT, 10(2), 370-380.
Suwarti, Mulyono, & Prasetyo, B. (2017). Pembuatan Monitoring Kecepatan Angin dan Arah Angin Menggunakan Mikrokontroler Arduino. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang.
Widianto, M. H. (2022). Systematic Literature Review : Proyek LoRa dan LoraWAN dalam penerapannya. Journal of Software Engineering, Information and Communication Technology, 3(1), 127 - 134.
Published
2023-02-27
Section
Volume 8, Nomor 1 April, Tahun 2023
Abstract viewed = 92 times