SISTEM INFORMASI PELAPORAN PADA UPTD PENDIDIKAN

  • Wildan Suharso Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang
    (ID)
  • Azis Nur Syahid Widyanto Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang
    (ID)
  • Zamah Sari Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Sistem pelaporan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis sangat diperlukan pada semua jenis usaha karena banyak permasalahan yang dapat diminimalisir jika sistem pelaporan telah maksimal. Contoh permasalahan mengenai sistem pelaporan adalah yang terjadi pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan yang menerima pelaporan dari setiap Sekolah, salah satu permasalahan yang terjadi adalah tidak adanya sistem standar yang dapat memudahkan Sekolah dan UPTD Pendidikan untuk menyusun pelaporan. Secara prosedur setiap Sekolah yang berada pada Kecamatan harus menyerahkan laporan yang disahkan oleh Kepala Sekolah kepada Kepala UPTD. Kondisi yang terjadi pelaporan dilakukan secara rutin dengan mengetikkan seluruh atribut yang dibutuhkan, walaupun terdapat banyak hal yang secara teknis tidak perlu ditulis kembali. Penelitian ini melakukan analisis terhadap permasalahan pelaporan di tingkat UPTD Pendidkan, kemudian merancang dan membangun sistem informasi menggunakan metode waterfall dan memanfaatkan CodeIgniter,

Kata Kunci : CodeIgniter, Metode Waterfall, Sistem Informasi, UPTD Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wildan Suharso, Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

Azis Nur Syahid Widyanto, Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

Zamah Sari, Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

References

Arief, M.Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql. Yogyakarta: ANDI., 2011.

Fathoni MA, Marthasari GI, Suharso W. 2017. Analisis Pengaruh System Quality, Information Quality, Service Quality Terhadap Net Benefit Pada Sistem KRS-Online UMM. Kinetik. 2017; Vol 2 No 3:197-206.

Fitri MO. 2016.Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Berbasis Android. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi). 2016 Oct 1;1(1):41-9.

Hakim. 2010. Membangun Web Berbasis PHP Dengan Framework CodeIgniter. Lokomedia: Yogyakarta.

Jogiyanto. Analisis dan Desain Sistem, Yogyakarta : Andi Offset, 2001

Romadhoni ENA, Ahmad EN, Widiyaningyas T, Pujianto U. 2015. Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Alumni SMKN 1 Jenangan Probolinggo. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. 2015;445-452.

Tone K. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Distribusi Bantuan Sosial Beras Miskin (Studi Kasus Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto). Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi). 2016 Oct 1;1(1):50-60.

Santana RA, Risqiwati D, Sari Z. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Servis Oli Sepeda Motor Menggunakan Odometer Berbasis LBS.Kinetik. 2017;2(1).17-26.

Suharso W, Djunaidy A. 2013. Analisis Customer Churn Menggunakan Bayesian Belief Network (Studi Kasus: Perusahaan Layanan Internet). SISFO Vol 4 No 5. 2013;4.

Published
2018-04-14
Section
Volume.3.Nomor.1 APRIL 2018
Abstract viewed = 951 times