IMPLEMENTASI ALGORITMA BRUTE FORCE DALAM PERANCANGAN APLIKASI PENELUSURAN SKRIPSI

  • Nur Afif UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mahasiswa Teknik Informatika dan Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar yang kesulitan saat pengajuan judul. Kurangnya informasi terkait judul skripsi yang akurat dan kreativitas mahasiswa yang kurang dalam menemukan ide baru menjadi penghambat mahasiswa tingkat akhir dalam proses pengajuan judul. Akibatnya mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perlu dibuat sebuah aplikasi pencarian judul di jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa tingkat akhir dalam menemukan informasi skripsi serta menemukan saran ide dalam pengajuan judul.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Perancangan aplikasi ini terbagi atas Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, Struktur Tabel, flowchart dan perancangan antarmuka. Pembangunan aplikasi ini menggunakan codeigniter sebagai framework php (backend) dan materialize sebagai framework css (frontend) yang menggunakan pengujian Black Box dan White Box. Hasil tugas akhir, adalah sebuah aplikasi website yang akan membantu mahasiswa atau dosen menemukan judul skripsi yang sudah digunakan. Kelebihan aplikasi ini, mahasiswa tidak mengajukan judul secara manual melainkan langsung menginput data ke website yang tersedia. Selain itu, mahasiswa dan dosen dapat secara langsung melakukan penelusuran skripsi dan menemukan tugas akhir mahasiswa lainnya dalam waktu relative cepat dan akurat.
Kata Kunci : Web, Codeigniter, Materializecss, Algortima Brute Force.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Afif, UIN Alauddin Makassar

Dosen Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

References

DAFTAR PUSTAKA

Athari, Adi Yaksa. Implementasi web semantik pada pencarian buku perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, 2012.

Budiasa, Rheno Manggala. Aplikasi Sederhana Pattern Matching dengan Algoritma Brute Force pada, 2009:1.

Handayani, Eny Tri. Website Algoritma Backtracking untuk pencarian katalog. Skripsi. Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, 2009.

Jogiyanto. Analisis dan Disain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi, 1999.

Jogiyanto, H.M. Analisis Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

Kadir, Abdul. Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP.Cet.III Yogyakarta: Andi, 2008.

Leman. “Metodologi Pengembangan Sistem Informasi”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 1998.

Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2009.

Munir, Renaldi. Bahan Kuliah ke-2 IF 2251 Strategi Algoritmik. Makalah Algoritma Brute Force Departmen Teknik Infomatika. Institusi Teknologi Bandung, 2004.

Munir, Kenneth E. Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: PT.Prenhalindo. 2003

Nugroho, Adi. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Beriorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2005.

Rosa, dan M. Shalahuddin. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika, 2005.

Riska Vinesia Butarbutar. Penerapan Algoritma Brute Force pada perancangan Aplikasi Kamusta Bahasa Indonesia – Inggris berbasis Android. Medan: 2014.

Sidik, Betha. Pemograman Web dengan PHP. Cet 1. Bandung: Informatika, 2004

Sutanta, Edhy. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta, 2005.

Widianti, Sri. Pengantar Basis Data. Jakarta: Fajar, 2000. Fathansyah. Basis Data. Bandung: Informatika,1999.

Nugroho, Adi. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2005.

Pressman, Roger S. Software Egineering: Practitioners Approach (Terjemahan). Yogyakarta: Andi, 2000.

Published
2018-04-17
Section
Volume.3.Nomor.1 APRIL 2018
Abstract viewed = 2815 times