PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MINING UNTUK ANALISIS DAN IMPLEMENTASI TEKNIK DATA MINING DALAM MEMPREDIKSI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UNILEVER

  • Faisal Faisal UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya ditemukan produk yang sudah kadaluarsa tetapi tetap diperjualbelikan. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena kesalahan strategi pemasaran. Oleh karena itu, analisis dan penerapan teknologi data mining diharapkan dapat memberikan solusi sebuah informasi baru yang dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran agar dapat meminimalisir kejadian seperti diatas. Tujuan dari penelitian ini yakni menghasilkan sebuah aplikasi dari yang didalamnya terdapat informasi dari hasil analisis teknik data mining sehingga memudahkan PT. Tiran Makassar mendapatkan strategi untuk pemasaran produk Unilever Indonesia.
Perancangan dalam membangun sistem ini terbagi atas Data Flow Diagram, flowchart, dan perancangan antarmuka. Aplikasi ini berbasis dan dirancang aplikasi ini menggunakan codeigniter Framework, yang menggunakan pengujian White Box dan Black Box. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis website yang menerapkan rule data mining. Kesimpulan penelitian ini membantu penemuan informasi baru yang dapat memudahkan PT. Tiran Makassar menemukan strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran pada produk Unilever Indonesia.
Kata kunci: Data mining, codeigniter Framework, MySql, White Box, Black Box.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Faisal Faisal, UIN Alauddin Makassar

Dosen Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

References

DAFTAR PUSTAKA

Angga dan Riani Lubis. “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kriteria Nasabah Kredit”. Jurnal Komputer dan Informatika, vol.1 no.1 (Maret 2013): 53-57.

Dinda, Devi Setiawati. ”Penggunaan Metode Apriori Untuk Analisa Keranjang Belanja Pada Data Transaksi Penjualan Mini Market Menggunakan Java Dan MySQL”. Jurnal Teknik Informatika, vol.2 no.1 (Agust 2014): 1-9.

Fayyad, Piatetsky Shapiro. Smyth and Uthurusamy. Advances in Knowledge Discovery and Data Mining. MIT Press, 1996.

Hermawati, Fajar astuti. Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset, 2013. Jogiyanto. Analisis dan Desain Sistem. Yogyakarta: Andi, 2001.

Kadir, A. Konsep Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset, 2002.

Kristalia. Anggreni, dkk. ”Aplikasi Data Mining Menggunakan Aturan Asosiasi Dengan Metode Apriori Untuk Menganalisis Penjualan Pada Mini Market”. Jurnal Teknik Informatika, vol.4 no.2 (Juli 2013): 12-17.

Kusrini. Luthfi dan Emha Taufiq. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Kusumo, Dana Sulistiyo. Moch. Arief Bijaksana dan Dhinta Darmantoro. “Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada RDBMS Oracle”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, vol. 8 no. 1,3 (Juni 2003): 10-21.

Prasetyo, Eko. Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Santosa, Budi. Teknik Pemanfaatan Data Mining Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2007.

Published
2018-04-21
Section
Volume.3.Nomor.1 APRIL 2018
Abstract viewed = 1665 times