DESAIN ARSITEKTUR E-LEARNING UNIVERSITAS PRIMAKARA: PENDEKATAN AGILE SCRUM DAN UNIFIED MODELING LANGUAGE
DOI:
https://doi.org/10.24252/instek.v10i1.53538Keywords:
e-learning, entity relationship diagram, pemodelan sistem informasi, scrum, unified modeling languageAbstract
Era digital telah mendorong transformasi besar dalam dunia pendidikan, terutama di lingkungan perguruan tinggi seperti Universitas Primakara, yang membutuhkan sistem e-learning internal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh dan mengoptimalkan pengalaman belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang arsitektur sistem informasi e-learning di Universitas Primakara dengan menggunakan pendekatan Unified Modeling Language dan metode Scrum. Metode Scrum dipilih karena sifatnya yang adaptif dan iteratif, memungkinkan pengembangan sistem dilakukan secara bertahap melalui sprint-sprint yang dievaluasi secara berkala. Pendekatan ini memungkinkan tim pengembang untuk lebih fleksibel dalam menanggapi perubahan kebutuhan yang muncul selama proses pengembangan. Di sisi lain, UML digunakan sebagai alat pemodelan visual yang menyajikan elemen-elemen sistem secara sistematis, termasuk use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan struktur basis data, sehingga memudahkan komunikasi antar anggota tim dan pemangku kepentingan mengenai arsitektur sistem yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode scrum yang berjalan dengan 8 sprint selama 4 bulan berhasil menghasilkan 1 diagram use case, 13 diagram activity dan sequence, serta entity relationship diagram dan physical data model. Hasil pemodelan ini menyediakan representasi rancangan data sistem yang jelas dan menjadi landasan yang kokoh untuk tahap implementasi.
Downloads
References
[1] I. Yustanti and D. Novita, “Pemanfaatan E-learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0 Utilization Of E-learning For Educators In Digital Era 4.0,” 2019. doi: 10.47647/jsh.v2i2.169.
[2] K. A. Imania, S. H. Bariah, D. Rahadian, and Y. Purwanti, “Pembelajaran Darurat Selama Masa Pandemi Covid-19: Daring/E-learning Sebagai Solusi Kegiatan Pembelajaran dengan Berbagai Kelebihan & Kekurangannya,” JURNAL PETIK, vol. 7, no. 2, pp. 126–135, Sep. 2021, doi: 10.31980/jpetik.v7i2.1236.
[3] A. Jaeni, M. Negeri, and P. Abstrak, “Pembelajaran Berbasis E-Learning di Madrasah; Tantangan dan Peluang,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 8, no. 15, pp. 668–678, 2022, doi: 10.5281/zenodo.7084141.
[4] Unizulu, “Prerequisite FCAL Handbook University Of Zululand,” 2021, Accessed: Jun. 01, 2024. [Online]. Available: https://reg.unizulu.ac.za/wp-content/uploads/2021/02/FCAL-2021-Handbook-as-at-17-February-2021.pdf
[5] M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 4, no. 1, 2020.
[6] M. T. Dewi, D. Elly, and A. Julisawati, “Pemgembangan Sistem Pembelajaran Ilmu Geometri dengan Menggunakan Metode Augmented Reality,” 2019.
[7] M. Y. Saputra, A. Hendra Brata, and F. Amalia, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Klinik berbasis Web (Studi Kasus: Klinik Ortho Dental Malang),” vol. 7, no. 2, pp. 892–899, 2023, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[8] D. Tumini and M. Fitria, “Penerapan Metode Scrum Pada E-Learning STMIK Cikarang,” Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 6, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://www.simantik.panca-sakti.ac.id
[9] M. Fairuzabadi, “Pengembangan Project Based E-Learning dengan Analisis PIECES dan Desain UML,” Jurnal Dinamika Informatika, vol. 10, no. 2, 2021.
[10] A. Ardytia, “Implementasi Agile Scrum Dengan Menggunakan Trello Sebagai Manajemen Proyek Di PT Andromedia,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 6, 2021.
[11] K. Schwaber and J. Sutherland, “Scrum Guide Indonesian,” 2020, Accessed: Jun. 12, 2024. [Online]. Available: https://scrumguides.org/docs/scrumguide/v2020/2020-Scrum-Guide-Indonesian.pdf
[12] K. D. Yong Weixiong, “Securing Software Systems-A Survey,” 2020, doi: 10.36227/techrxiv.12319598.v1.
[13] A.S Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek , Revisi. Informatika Bandung, 2019.
[14] S. Buckl, A. M. Ernst, F. Matthes, R. Ramacher, and C. M. Schweda, “Using enterprise architecture management patterns to complement TOGAF,” in Proceedings - 13th IEEE International Enterprise Distributed Object Computing Conference, EDOC 2009, 2009, pp. 34–41. doi: 10.1109/EDOC.2009.30.
[15] J. J. Sutherland, SCRUM The Art Of Doing Twice The Work In Half The Time, First edition. New York: Crown Publishing Group, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Gede Agus Rudaya, A.A. Istri Ita Paramitha, I Putu Buda Suyasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.