STUDI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM SELEKSI ELEKTRONIK PENERIMAAN MAHASISWA BARU PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI DENGAN PENDEKATAN END USER COMPUTING SATISFACTION

Authors

  • Zulfami Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Syahbudin Atoasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Syahril Jamil Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mutmainah Juniawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Komarudin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rohanda Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tri Cahyanto Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.24252/instek.v10i1.53782

Keywords:

kepuasan pengguna, sistem seleksi elektronik, penerimaan mahasiswa baru, EUCS

Abstract

Sistem seleksi elektronik merupakan salah satu metode seleksi yang menerapkan sistem berbasis teknologi informasi. Sistem seleksi diterapkan di berbagai lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Mengingat distribusi layanan yang belum merata, maka perlu dilakukan pengukuran tingkat pemanfaatannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna sistem seleksi elektronik. Pengguna yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengawas ujian pada sistem seleksi elektronik penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Pendekatan yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna akhir adalah metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menggunakan instrumen yang mengukur dimensi utama EUCS yaitu Content, Accuracy, Format, Easy of Use, dan Timeliness. Pengukuran tingkat kepuasan menggunakan skala antara 1-5. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai pada semua variabel berada pada rentang 4,38 – 4,69. Dengan demikian secara umum tingkat kepuasan berada pada kategori puas. Oleh karena itu, untuk mencapai tingkat kepuasan yang maksimal perlu memperhatikan berbagai aspek terutama yang berkaitan dengan dimensi accuracy dan timeliness.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Aprilia, R. R. Gamayuni, and S. Suhendro, “Pengaruh Good University Governance Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Perguruan Tinggi Muhammadiyah Di Indonesia,” Ultim. J. Ilmu Akunt., vol. 14, no. 1, pp. 124–144, 2022, doi: 10.31937/akuntansi.v14i1.2635.

[2] P. Nasional, P. M. Baru, P. Tinggi, and K. Islam, “Petunjuk teknis seleksi prestasi akademik nasional (span) perguruan tinggi keagamaan islam negeri (ptkin) tahun 2024,” 2024.

[3] Y. Sutarso et al., “Pemanfaatan aplikasi computer based test untuk mengukur pencapaian siswa dalam pembelajaran sekolah islam,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 83–98, Mar. 2023, doi: 10.33474/jipemas.v6i1.17644.

[4] W. Nikmah, A. Mukarromah, D. Widyansyah, and M. I. Anshori, “Penggunaan Teknologi dalam Pengembangan SDM,” Mutiara J. Penelit. dan Karya Ilm., vol. 1, no. 5, pp. 366–386, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.59059/mutiara.v1i4.511

[5] D. Arisandi, D. Rachmawati, and I. Aulia, “Pengembangan Computer-Based Test sebagai,” J. Insitusi Politek. Ganesha Medan Juripol, vol. 1, no. 1, p. 1, 2018.

[6] F. Karimi, D. C. C. Poo, and Y. M. Tan, “Clinical information systems end user satisfaction: The expectations and needs congruencies effects,” J. Biomed. Inform., vol. 53, pp. 342–354, Feb. 2015, doi: 10.1016/j.jbi.2014.12.008.

[7] D. Restika et al., “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Starbridges Menggunakan End User Computing Satisfaction,” J. Ilm. Komputasi, vol. 21, no. 4, pp. 587–594, 2022, doi: 10.32409/jikstik.21.4.3116.

[8] S. Wijaya et al., “Pengaruh Faktor Adopsi Teknologi , Kepercayaan Digital dan Kepuasan Terhadap Penggunaan,” J. Bus. Manag. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 1–12, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.upi.edu/index.php/jbme/

[9] A. I. A. Vina Fitriyanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Implementasi Sistem Informasi Peminjaman Pada BPJS Kesehatan Cabang Palembang Menggunakan Metode EUCS,” Semin. Nas. Ind. dan Teknol. (SNIT), Politek. Negeri Bengkali, no. November, pp. 104–113, 2022.

[10] W. P. Saogo and S. Yanti, “Pengaruh Kualitas Layanan , Kualitas Informasi , dan Presepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Pos Aja ! PT . Pos Indonesia Cabang Batam ),” vol. 14, no. 2, pp. 94–107, 2024.

[11] M. Afdhal and L. Slamet, “Analisis Sistem Ujian Online terhadap Kepuasan Siswa dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus: SMKN 2 Kecamatan Guguak),” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2752–2755, 2023, doi: 10.31004/jptam.v7i1.5635.

[12] N. A. Hidayah, E. Fetrina, and A. Z. Taufan, “Model Satisfaction Users Measurement of Academic Information System Using End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method,” Appl. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 119–123, 2020, doi: 10.15408/aism.v3i2.14516.

[13] D. Dr. Karimuddin Abdullah, METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, Juli 2022. Provinsi Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.

[14] G. Doll, W. J., & Torkzadeh, The measurement of end-user computing satisfaction. MIS. 1988.

[15] A. Fauzy, “Konsep Dasar Teori Sampling,” 2014. [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/1011.1669%0Ahttp://dx.doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201%0Ahttps://iopscience.iop.org/article/10.1088/1751-8113/44/8/085201%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25246403%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=P

[16] S. Maryam, Statistik Deskriptif. Surakarta: UNIBA, 2013.

[17] J. W. Osborne, Best Practicein Data Cleaning. SAGE Publications, Inc, 2013.

[18] D. Firmansyah, S. Pasim Sukabumi, and S. Al Fath Sukabumi, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, doi: 10.55927.

[19] S. Abdinnour, Sue & Chaparro, Barbara & Farmer, “Using the End-User Computing Satisfaction(EUCS) Instrument to Measure Satisfaction with a Web Site.,” Decis. Sci. - Decis. SCI. 36. 10.1111/j.1540-5414.2005.00076.x., 2005.

[20] D. Joshi, Ankur & Kale, Saket & Chandel, Satish & Pal, “Likert Scale: Explored and Explained.,” Br. J. Appl. Sci. Technol. 7. 396-403. 10.9734/BJAST/2015/14975., 2015.

[21] D. P. N. Kaplan, R. S., “The Balanced Scorecard: Measures that Drive Performance,” no. Harvard Business Review, (January-February): 71-79, 1992.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

[1]
Z. Alwi, “STUDI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM SELEKSI ELEKTRONIK PENERIMAAN MAHASISWA BARU PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI DENGAN PENDEKATAN END USER COMPUTING SATISFACTION”, INSTEK, vol. 10, no. 1, pp. 274–285, Jun. 2025.

Issue

Section

Volume 10 Nomor 1 April Tahun 2025