ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN SISTEM DIGITALISASI MANAJEMEN SEKOLAH MENGGUNAKAN DELONE & MCLEAN MODEL (STUDI KASUS: SMPN 5 SIDOARJO)
DOI:
https://doi.org/10.24252/instek.v10i1.55595Keywords:
DeLone & McLean, Kesuksesan, SEM-PLS, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong digitalisasi dalam berbagai aspek, termasuk manajemen pendidikan di tingkat sekolah menengah pertama. Sebagai salah satu bentuk inovasi layanan pendidikan, SMPN 5 Sidoarjo mengimplementasikan Sistem Digitalisasi Manajemen (SIDILAN) untuk mengelola aktivitas siswa secara lebih terstruktur, terdokumentasi, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan SIDILAN menggunakan DeLone & McLean Information System Success Model (ISSM). Model ini mencakup enam variabel utama: System Quality, Information Quality, Service Quality, System Use, Student Satisfaction, dan Net Benefits Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan siswa sebagai responden. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menguji hubungan antar variabel dalam model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Information Quality berpengaruh signifikan terhadap System Use, Student Satisfaction, dan Net Benefits, sementara System Quality hanya berpengaruh terhadap System Use dan Student Satisfaction. Service Quality tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap System Use dan Student Satisfaction tetapi berpengaruh terhadap Net Benefits. Selain itu, System Use dan Student Satisfaction berkontribusi secara signifikan terhadap Net Benefits. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem informasi pendidikan dengan menyoroti pentingnya kualitas informasi sebagai faktor utama dalam meningkatkan penggunaan sistem dan kepuasan siswa, yang pada akhirnya berdampak pada manfaat yang dirasakan dari sistem tersebut.
Downloads
References
[1] C. A. E. RAUF, M. R. KATILI, and MUTHIA, “EVALUASI PENERIMAAN PENGGUNA APLIKASI DIGITALISASI KELURAHAN MENGGUNAKAN MODEL UTA,” Jurnal Informatika Sains dan Teknologi, 2024.
[2] J. Martins et al., “Assessing the success behind the use of education management information systems in higher education,” Telematics and Informatics, vol. 38, pp. 182–193, May 2019, doi: 10.1016/j.tele.2018.10.001.
[3] B. Al-shargabi, O. Sabri, and S. Aljawarneh, “The adoption of an e-learning system using information systems success model: a case study of Jazan University,” PeerJ Comput Sci, vol. 7, pp. 1–21, 2021, doi: 10.7717/peerj-cs.723.
[4] N. N. Pusparini and A. Sani, “MENGUKUR KEBERHASILAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN MODEL KESUKSESAN DELON AND MCLEAN,” METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, vol. 4, no. 2, pp. 149–155, Oct. 2021, doi: 10.46880/jmika.Vol4No2.pp149-155.
[5] E. Dwi Lestari and R. Riatun, “Unveiling key factors for the continuation of E-learning adoption in blended learning environments within Indonesian higher education during the era of the ‘new normal,’” Cogent Education, vol. 11, no. 1, 2024, doi: 10.1080/2331186X.2024.2428871.
[6] W. H. DeLone and E. R. McLean, “The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update,” in Journal of Management Information Systems, M.E. Sharpe Inc., 2003, pp. 9–30. doi: 10.1080/07421222.2003.11045748.
[7] M. D. Nanda, “EVALUASI FAKTOR PENGARUH KEPUASAN PENGGUNA GOVERNMENT TO GOVERNMENT (G2G) MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( STUDI KASUS APLIKASI E-OFFICE DISKOMINFOTIK PROVINSI RIAU ),” Jurnal INSTEK Informatika Sains & Teknologi, 2019.
[8] O. Isaac, A. Aldholay, Z. Abdullah, and T. Ramayah, “Online learning usage within Yemeni higher education: The role of compatibility and task-technology fit as mediating variables in the IS success model,” Comput Educ, vol. 136, pp. 113–129, Jul. 2019, doi: 10.1016/j.compedu.2019.02.012.
[9] C. Yuliana, M. Yamin, A. Wahab Syahrani, and H. Sjamsir, “PENGENALAN STRUCTURAL EQUATION MODELING DENGAN LISREL DALAM OLAH DATA KUANTITATIF,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 03, no. 02, pp. 259–271, 2023, doi: 10.37850/ta.
[10] R. S. S. E. , M. M. Hamid and Dr. S. M. Drs. , M. M. Anwar, STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia, 2019. [Online]. Available: www.institutpenulis.id
[11] M. Sarstedt, C. M. Ringle, and J. F. Hair, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling,” in Handbook of Market Research, Springer International Publishing, 2021, pp. 1–47. doi: 10.1007/978-3-319-05542-8_15-2.
[12] F. Rokhman, H. Mukhibad, B. Bagas Hapsoro, and A. Nurkhin, “E-learning evaluation during the COVID-19 pandemic era based on the updated of Delone and McLean information systems success model,” Cogent Education, vol. 9, no. 1, 2022, doi: 10.1080/2331186X.2022.2093490.
[13] Rulinawaty et al., “Investigating the influence of the updated DeLone and McLean information system (IS) success model on the effectiveness of learning management system (LMS) implementation,” Cogent Education, vol. 11, no. 1, 2024, doi: 10.1080/2331186X.2024.2365611.
[14] D. Wintana, D. Pribadi, Y. Farlina, and T. Hidayatulloh4, “Implementasi Model Delone and McLean Pada Analisis Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19,” JURNAL SWABUMI, vol. 9, no. 2, 2021.
[15] D. Aryanti and O. Samuel Simanjuntak, “Success Measurement of E-Learning Spada Wimaya at Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta Using Delone and Mclean Model Approach,” Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, vol. 19, no. 1, pp. 105–116, 2022, doi: 10.31515/telematika.v19i1.7165.
[16] A. Faroqi, A. Wulansari, T. L. M. Suryanto, A. Pratama, and S. Mukaromah, “Analysis of Determinants of Satisfaction Using E-Learning in Elementary School Students,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 12, no. 2, pp. 192–197, Jun. 2023, doi: 10.32736/sisfokom.v12i2.1620.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Najwa Fathiro Cahyono, Asif Faroqi, Eristya Maya Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.