SISTA-KESMAS: SISTEM INFORMASI TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT UIN ALAUDDIN MAKASSAR DENGAN MODEL ADDIE
DOI:
https://doi.org/10.24252/instek.v10i1.56383Keywords:
Sistem Informasi, Tugas Akhir, ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Makassar untuk mengoptimalkan pengelolaan tugas akhir mahasiswa yang masih dilakukan secara manual. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan SISTA-KESMAS, sebuah Sistem Informasi Tugas Akhir berbasis web yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan pengajuan, monitoring, dan evaluasi tugas akhir mahasiswa. Sistem ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan pendekatan Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil pengujian sistem, semua fungsi utama seperti pengajuan judul, bimbingan online, penjadwalan seminar, dan persetujuan tugas akhir berjalan sesuai dengan harapan. Pengujian keamanan juga menunjukkan bahwa sistem mampu mengatasi kerentanannya hingga 99%. Survei kepuasan pengguna mengungkapkan bahwa 94% responden merasa puas dengan keamanan data, 92% dengan proses pengajuan judul, dan 90% dengan kemudahan navigasi sistem. Dengan demikian, SISTA-KESMAS terbukti memberikan solusi yang efektif dalam pengelolaan tugas akhir, mempermudah koordinasi antar mahasiswa, dosen, dan pihak program studi, serta meningkatkan transparansi dalam seluruh tahapan proses. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut untuk mengintegrasikan sistem ini dengan sistem akademik lainnya dan memberikan pelatihan lebih lanjut kepada pengguna agar dapat memaksimalkan manfaatnya.
Downloads
References
[1] A.Muhammad Syafar and Andi Muhammad Nur Hidayat, “DIGITALISASI PENJADWALAN MATA KULIAH (DILAM) PADA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR BERBASIS UNIVERSITY CLASS SCHEDULING PROBLEM (UCSP),” J. INSTEK Inform. Sains Dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 199–208, Sep. 2023, doi: 10.24252/instek.v8i2.41211.
[2] A. Agung and D. Hidayati, “IMPLEMENTATION OF SCHOOL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION SERVICES AT KLATEN REGENCY,” Int. J. Educ. Humanit. Soc. Sci., vol. 05, no. 05, pp. 110–118, 2022, doi: 10.54922/IJEHSS.2022.0444.
[3] A. S. Maadi, “DIGITALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DAN EKONOMI SYARIAH DI PERGURUAN TINGGI,” vol. 7, 2018.
[4] I. B. K. Widiartha, M. A. Albar, and J. Majapahit, “SISTEM INFORMASI TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MATARAM,” vol. 2, no. 1, 2020.
[5] W. Alwi, “Pemodelan kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik di UIN Alauddin Makassar”.
[6] T. Sych, Y. Khrykov, and O. Ptakhina, “Digital transformation as the main condition for the development of modern higher education,” Educ. Technol. Q., vol. 2021, no. 2, pp. 293–309, May 2021, doi: 10.55056/etq.27.
[7] A. Nurbawani and D. Hasnawan, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TUGAS AKHIR MAHASISWA BERBASIS ANDROID MOBILE APPLICATION DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN PONOROGO,” vol. 18, no. 1, 2024.
[8] Andi Rustandi and Rismayanti, “Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda,” J. FASILKOM, vol. 11, no. 2, pp. 57–60, Aug. 2021, doi: 10.37859/jf.v11i2.2546.
[9] D. I. Lestari, R. Mardiani, and I. W. Siregar, “Analisis Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis Web untuk Mendukung Keunggulan Bersaing,” 2019.
[10] F. Hidayat and M. Nizar, “MODEL ADDIE (ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,” J. Inov. Pendidik. Agama Islam JIPAI, vol. 1, no. 1, pp. 28–38, Dec. 2021, doi: 10.15575/jipai.v1i1.11042.
[11] D. Zou, M. S.-Y. Jong, X. Huang, G. Cheng, G.-J. Hwang, and M. Y.-C. Jiang, “A systematic review of SVVR in language education in terms of the ADDIE model,” Interact. Learn. Environ., pp. 1–26, Nov. 2023, doi: 10.1080/10494820.2023.2277747.
[12] R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, Jun. 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.
[13] A. M. Almelhi, “Effectiveness of the ADDIE Model within an E-Learning Environment in Developing Creative Writing in EFL Students,” Engl. Lang. Teach., vol. 14, no. 2, p. 20, Jan. 2021, doi: 10.5539/elt.v14n2p20.
[14] M. Muhammad and L. Akhsani, “Development of Inferential Statistics Teaching Materials Using ADDIE Model,” in Proceedings of The 6th Asia-Pacific Education And Science Conference, AECon 2020, 19-20 December 2020, Purwokerto, Indonesia, Purwokerto, Indonesia: EAI, 2021. doi: 10.4108/eai.19-12-2020.2309193.
[15] T. Listiani, “The development of educational research statistics teaching materials using the ADDIE model,” presented at the PROCEEDING OF THE 1ST INTERNATIONAL CONFERENCE ON STANDARDIZATION AND METROLOGY (ICONSTAM) 2021, Tangerang Selatan, Indonesia, 2022, p. 030005. doi: 10.1063/5.0103201.
[16] A. G. Spatioti, I. Kazanidis, and J. Pange, “A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education,” Information, vol. 13, no. 9, p. 402, Aug. 2022, doi: 10.3390/info13090402.
[17] J. Li, “Using Flowchart to Help Students Learn Basic Circuit Theories Quickly,” Sustainability, vol. 14, no. 12, p. 7516, Jun. 2022, doi: 10.3390/su14127516.
[18] K. Hynek, D. Vekshin, J. Luxemburk, T. Cejka, and A. Wasicek, “Summary of DNS Over HTTPS Abuse,” IEEE Access, vol. 10, pp. 54668–54680, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3175497.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andi Muhammad Nur Hidayat, Bs. Titi Haerana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.