APLIKASI PEMILIHAN MEDIA PROMOSI USAHA KECIL DAN MENENGAH MENGGUNAKAN METODA FUZZY MAMDANI

  • Lidya Wati Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis
    (ID)
  • Rezki Kurniati Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis
    (ID)
  • Mansur Mansur Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis

Abstract

Pemasaran produk hasil pelaku usaha yang terdapat di Kabupaten Bengkalis yang masih dilakukan didaerah Kabupaten Bengkalis, membuat produk khas Bengkalis belum dikenal secara luas. Beberapa penyebab pelaku usaha di Bengkalis kurang berkembang, yaitu kurangnya memanfaatkan media promosi, kurangnya pengetahuan pelaku usaha tentang teknologi informasi dan masih terbatasnya akses pasar. Selain itu pelaku usaha juga tidak bisa menentukan media promosi apa yang tepat untuk promosi produknya. Oleh karena itu penelitian ini membuat sebuah aplikasi untuk membantu para pelaku UKM dalam menentukan media promosi yang tepat. Aplikasi sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode logika fuzzy mamdani. Hasil dari aplikasi akan memberikan rekomendasi salah satu media promosi yaitu televisi, radio, koran, internet dan pamflet.

 

Kata Kunci:  Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Mamdani, Media Promosi,UKM

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lidya Wati, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis
Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis
Rezki Kurniati, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis
Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis
Mansur Mansur, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis
Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Bengkalis

References

Adila, R. 2016. Hadapi MEA UKM Harus Melek Teknologi. http:// m.okezone.com. Diakses tanggal 30 Agustus 2018.

Andani S. R., 2013, Fuzzy Mamdani dalam Menentukan Tingkat Keberhasilan Dosen Mengajar, Seminar Nasional Informatika (semnasIF) 2013 UPN “Veteran” Yogyakarta, ISSN : 1979-2328

Bobillo. F., Straccio.U, 2017, Generalizing type-2 fuzzy ontologies and type-2 fuzzy description logics, International Journal Approximate Reasioning 87, 40-66

Charolina. Yanti, 2016, Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Pemberian Bonus Tahunan Menggunakan Metode Fuzzy Logic Tipe Mamdani (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Sunhope Indonesia di Jakarta), Jurnal Teknologi Informasi, 12(2), pp 42-53

Dony, N., 2009, Aplikasi Penggunaan Metode Prmethee Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Media Promosi, Jurnal Ilmiah Kursor, 5(2), ISSN 0216-0544.

Kasmawi, Mansur, Fitri D. A,, 2018, Sistem Informasi Promosi Produk : Studi Pada Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bengkalis, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Digital Zone, 9(1), pp 59-70

Kemp, S. 2017. Digital In 2017 Global Overview. http://www.slideshare.net/wearesocialsg/digital-in-2017-southest-asia. Diakses tanggal 30 Agustus 2018.

Wati L., Kurniati R., Mansur, Perancangan Sistem Aplikasi Pengambilan Keputusan Pemilihan Media Promosi menggunakan Unifed Modelling Language, Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) 4-5 September 2018

Liana, M., Aflit, N.P, dan Syahrina, N.D, 2016, Efektifitas Katalog Sebagai Media Promosi Bagi Pengembangan UMKM Di Kabupaten Sragen, Benefit Jurnal Managemen dan Bisnis,1(1)

Marisa, H. 2015. Analisa Kebijakan e-Asean di Indonesia dalam Kaitannya dengan ASEAN Digital Revolution 2025. International Society , 2(2).

Rosiska E., 2018, Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process dalam Menentukan Mitra Usaha Berprestasi, Jurnal Resti (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2(2), pp 479-485

Published
2018-10-14
Section
Volume 3 Nomor 2 Oktober 2018
Abstract viewed = 420 times