MENINGKATKAN PENGUASAAN DIAGNOSTIK MESIN KAPAL MELALUI APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DAN SISTEM PAKAR

Penulis

  • Abdul Basir PIP Makassar
  • Ince Ansar Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Syamsu Alam PIP Makassar
  • Reza Maulana UIN Alauddin

DOI:

https://doi.org/10.24252/insypro.v9i2.52314

Abstrak

Penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Android yang mengintegrasikan sistem pakar untuk meningkatkan penguasaan diagnostik mesin kapal di kalangan taruna pada mata kuliah Engine Simulator. Aplikasi ini dirancang untuk membantu taruna memahami dan mendiagnosis masalah mesin secara mandiri, dengan pendekatan Research and Development (R&D) menggunakan model Prototyping, meliputi tahap analisis kebutuhan, pengembangan, evaluasi, dan pengujian. Hasil uji coba di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar menunjukkan bahwa aplikasi ini memudahkan pengguna dalam simulasi situasi nyata, terbukti dari hasil System Usability Scale (SUS) yang mengindikasikan kegunaan yang cukup baik meskipun memerlukan beberapa perbaikan dalam konsistensi fitur dan navigasi. Secara keseluruhan, aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan diagnostik taruna dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di industri pelayaran. 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Sistem Pakar, Diagnostik Mesin Kapal, Pendidikan Maritim

Biografi Penulis

Abdul Basir, PIP Makassar

Prodi Teknika

Ince Ansar, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Prodi Teknika

Syamsu Alam , PIP Makassar

Prodi Teknika

Reza Maulana, UIN Alauddin

Prodi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-08

Cara Mengutip

[1]
A. Basir, I. Ansar, S. Alam, dan R. Maulana, “MENINGKATKAN PENGUASAAN DIAGNOSTIK MESIN KAPAL MELALUI APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DAN SISTEM PAKAR”, INSYPRO, vol. 9, no. 2, Nov 2024.

Terbitan

Bagian

Vol.9, No.2 (November 2024)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>