EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKS EDITOR DALAM PROSES PENGEMBANGAN PERSONAL WEB OLEH MAHASISWA TINGKAT AWAL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan teks editor Visual Studio Code (VSCode) dalam proses pengembangan personal web oleh mahasiswa tingkat awal. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan penguasaan keterampilan pemrograman web di era digital, pemilihan alat bantu pengkodean menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran dan produktivitas mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi observasional kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh partisipan dapat menyelesaikan proyek personal web dalam waktu yang relatif efisien, dengan rata-rata penyelesaian 8–12 jam pengerjaan. Fitur-fitur VSCode terbukti memberikan kemudahan dalam proses penulisan kode, terutama melalui linting otomatis dan intellisense, yang membantu mengurangi kesalahan penulisan tag HTML dan CSS. Penggunaan ekstensi seperti Live Server dan Prettier juga mendukung peningkatan efisiensi pengujian dan kerapihan kode. Dari segi kualitas hasil, semua personal web memenuhi standar dasar fungsionalitas dan struktur navigasi yang baik, dengan variasi tampilan visual sesuai kreativitas masing-masing mahasiswa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Machrizzandi Muhammad Syarani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Each article is copyrighted © by its author(s) and is published under license from the author(s).
When a paper is accepted for publication, authors will be requested to agree with the Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 4.0 Netherlands License.