STRATEGI BISNIS MULTI LEVEL MARKETING PADA PRODUK PT. GRYA SMART MANDIRI CABANG PAMEKASAN PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM

Authors

  • Nurul Fadilah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura

Abstract

ABSTRACT

Multi Level Marketing adalah salah satu bentuk marketing atau pemasaran yang berbentuk jaringan yang dilakukan melalui banyak level (tingkatan), dan sering disebut dengan istilah up line (tingkat atas) dan down line (tingkat bawah). Bisnis MLM ini menerapkan sistem pemasaran modern melalui jaringan kerja (network) distribusi yang berjenjang. Dalam perkembangannya, muncul penipuan bisnis yang berkedok Multi Level Marketing sehingga membuat citra bisnis Multi Level Marketing ini sering menerima kritik dari masyarakat. Hal ini di sebabkan sebagian besar orang yang berbisnis Multi Level Marketing tidak mengetahui kriteria, dan syarat-syarat dari bisnis Multi Level Marketing secara keseluruhan, baik apakah dalam bisnis ini mengandung unsur yang di larang atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriktif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. berdasarlan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, Bisnis Multi Level Marketing Pada Produk PT. GrYa Smart Mandiri Pamekasan Branch uses a Multi Level Marketing (MLM) system, which is a tiered network system. The tiered network system is carried out by means of promotions on various social media such as Facebook, WhatsApp, Instagram and Tik-Tok. Second, the MLM business on the products of PT GrYa Smart Mandiri Pamekasan Branch in the perspective of Islamic Economics in terms of marketing has fulfilled because it meets the requirements, which consist of GrYa products that are marketed in quality, labeled halal, tayyib and avoid syubhat; the contract system must meet the rules of the pillars of buying and selling; intensive formula must be fair, not oppressive and benefit /alah oriented. There is no excessive mark up on the price of goods; it does not focus on tertiary goods when people are struggling with the fulfilment of primary needs and Multi Level Marketing does not use a pyramid system that harms the people who are the latest to enter as members.

Keywords: business, Multi Level Marketing, Islamic Economics.

 

ABSTRAK

Multi Level Marketing adalah salah satu bentuk marketing atau pemasaran yang berbentuk jaringan yang dilakukan melalui banyak level (tingkatan), dan sering disebut dengan istilah up line (tingkat atas) dan down line (tingkat bawah). Bisnis MLM ini menerapkan sistem pemasaran modern melalui jaringan kerja (network) distribusi yang berjenjang. Dalam perkembangannya, muncul penipuan bisnis yang berkedok Multi Level Marketing sehingga membuat citra bisnis Multi Level Marketing ini sering menerima kritik dari masyarakat. Hal ini di sebabkan sebagian besar orang yang berbisnis Multi Level Marketing tidak mengetahui kriteria, dan syarat-syarat dari bisnis Multi Level Marketing secara keseluruhan, baik apakah dalam bisnis ini mengandung unsur yang di larang atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriktif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. berdasarlan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, Bisnis Multi Level Marketing Pada Produk PT. GrYa Smart Mandiri Cabang Pamekasan menggunakan sistem Multi Level Marketing (MLM), yaitu sistem jaringan yang berjenjang. Sistem jaringan yang berjenjang dilakukan dengan cara promosi di berbagai social media seperti facebook, whatshaap, instagram dan tik-tok. Kedua, bisnis MLM pada produk PT. GrYa Smart Mandiri Cabang Pamekasan dalam Perspektif Ekonomi Islam di lihat dari aspek pemasarannya sudah memenuhi karena memenuhi syarat–syarat, yang terdiri dari produk GrYa yang di pasarkan berkualitas, berlebel halal, tayyib dan terhindar dari syubhat; sistem akadnya harus memenuhi kaidah rukun jual beli; formula intensif harus adil, tidak mendzalimi dan berorientasi kemaslahatan/falah. tidak ada excessive mark up harga barang; tidak menitik beratkan barang–barang tertier ketika umat bergelut dengan pemenuhan kebutuhan primer dan Multi Level Marketing tidak menggunakan sistem piramida yang merugikan orang yang paling belakangan masuk sebagai member.

Kata kunci: Bisnis, Multi Level Marketing, Ekonomi Islam.

Downloads

Published

2025-05-27

Issue

Section

Volume 7 Nomor 1 Juni 2025