JUAL BELI GARAM RUQYAH DALAM TINJAUAN FIQIH MUAMALAH MADZHAB SYAFII

Authors

  • Abidatunnisa' Nashir Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Surakarta
  • Fatin Nur Rahmah Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Surakarta
  • Ruwaidah Dzakiroh Amatillah Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24252/el-iqthisady.v7i2.62581

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas praktik jual beli garam ruqyah ditinjau dari perspektif fiqih muamalah menurut mazhab Syafi‘i. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keabsahan akad dan identifikasi unsur-unsur yang berpotensi menyalahi prinsip syariat. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara rukun dan syarat jual beli, akad garam ruqyah telah terpenuhi terdapat penjual, pembeli, barang, dan ijab qabul. Namun demikian, praktik tersebut mengandung unsur gharar karena adanya ketidakjelasan harga akibat tambahan nilai yang diklaim berasal dari proses ruqyah yang bersifat maknawi dan tidak terukur secara pasti. Selain itu, ditemukan pula unsur tadlis (penipuan) melalui overklaim manfaat yang tidak dapat dibuktikan secara syar‘i maupun empiris. Dengan demikian, menurut pandangan fiqih muamalah mazhab Syafi‘i, jual beli garam ruqyah ini tidak sepenuhnya sah, karena mengandung unsur gharar dan tadlis yang dapat merusak keabsahan akad.

Kata kunci: Fiqih muamalah, garam ruqyah, gharar, jual beli.

 

Abstract

This study examines the practice of trading ruqyah salt from the perspective of Islamic commercial jurisprudence (fiqh muamalah) according to the Shafi‘i school. The aim is to analyze the validity of the contract and identify elements that may contradict Sharia principles. The analysis shows that, in terms of the pillars and conditions of sale, the transaction is formally valid there is a seller, buyer, object of sale, and mutual consent (ijab qabul). However, the practice involves an element of gharar (uncertainty) due to the ambiguity of pricing, as additional value is claimed to come from the ruqyah process, which is intangible and cannot be objectively measured. Furthermore, it contains tadlis (deceptive misrepresentation) through overstated claims of spiritual or healing benefits that lack both empirical and Sharia-based proof. Therefore, from the viewpoint of fiqh muamalah in the Shafi‘i school, the trade of ruqyah salt is not entirely valid, as it includes elements of gharar and tadlis that compromise the integrity of the contract.

Keywords:Gharar, Islamic commercial law, ruqyah salt, trade

Downloads

Published

2025-11-30

Issue

Section

Volume 7 Nomor 2 Desember 2025