ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA MAHASISWA MAGANG DI PT TASPEN PERSERO TBK KCU MAKASSAR

Authors

  • Farhan Dwinanda Hanisyahputra Universitas Negeri Makassar
  • Dwi Ayu Siti Hartinah H Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Buana Makassar
  • Ambarwati Akib Universitas Negeri Makassar
  • Magfirah Wahyu Ramadhani Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Universitas Negeri Makassar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja mahasiswa magang di PT Taspen (Persero) Tbk KCU Makassar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner, penelitian ini melibatkan 23 mahasiswa magang, dengan menggunakan analisis Uji validasi dan Realibilitas, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji Hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja mahasiswa (t-hitung = 2.365, p = 0.028), sedangkan lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan (t- hitung = 0.638, p = 0.530). Secara simultan, motivasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja mahasiswa (F-hitung = 8.148, p = 0.003), dengan kontribusi sebesar 44.9%. Kendala utama adalah jumlah sampel yang kurang dari 30 responden dan adanya item kuesioner yang tidak valid. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meningkatkan jumlah sampel dan kualitas instrumen.

Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja

 

Abstract

This study aims to analyze the effect of work motivation and work environment on the performance of internship students at PT Taspen (Persero) Tbk KCU Makassar. Using a quantitative approach with questionnaires, the study involved 23 internship students, using analysis of Validity and Reliability Tests, Multiple Linear Regression Analysis, and Hypothesis Testing. The results show that work motivation has a significant impact on student performance (t-value = 2.365, p = 0.028), while the work environment does not have a significant effect (t-value = 0.638, p = 0.530). Simultaneously, both work motivation and the work environment significantly affect student performance (F-value = 8.148, p = 0.003), with a contribution of 44.9%. The main limitation of this study was the sample size, which was below 30 respondents, and the presence of invalid questionnaire items. Future research is recommended to increase the sample size and improve the instrument quality.

Keywords: Motivation, Work Environment, Student Performance, Internship

Downloads

Published

2025-05-27

Issue

Section

Volume 6 Nomor 4 Juli 2025