PENGARUH DIGITALISASI BYOND BY BSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI

Studi Nasabah BSI KC Pamekasan

Penulis

  • Ummi Kulsum Universitas Al-Amien, Prenduan
  • Nina Kurniawati Universitas Al-Amien Prenduan
  • Labibah Universitas Al-Amien, Prenduan
  • Anisa Farah Ardy Universitas Al-Amien, Prenduan
  • Mujibno Universitas Al-Amien, Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v7i1.59623

Abstrak

Perkembangan teknologi digital mendorong perbankan, termasuk Bank Syariah Indonesia (BSI), untuk menghadirkan layanan yang efisien dan sesuai kebutuhan nasabah. Salah satu inovasi terbaru adalah peluncuran BYOND by BSI, platform digital yang menggantikan aplikasi BSI Mobile dengan tampilan modern dan fitur yang lebih lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digitalisasi BYOND by BSI terhadap kepuasan nasabah BSI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap nasabah BSI di Kabupaten Sumenep. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi melalui platform BYOND by BSI berpengaruh signifikan dan positif terhadap tingkat kepuasan nasabah dengan nilai koefisien sebesar 0,962 dan nilai p < 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas layanan digital BYOND, maka semakin tinggi pula kepuasan yang dirasakan oleh nasabah. Penelitian ini memperkuat pentingnya digitalisasi layanan perbankan syariah sebagai strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah di era digital.

Diterbitkan

2025-08-15

Terbitan

Bagian

Volume 7 Nomor 1 Oktober 2025