SRATEGI PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUKSI DAN HARGA TERHADAP PENJUALAN AIR MINERAL DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v7i1.61777Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran, kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga, terhadap penualan air mineral PT. Argus Rezky Pratama Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mitra PT. Argus Rezky Pratama dengan jumlah Sampel 35 Mitra PT. Argus Rezky Pratama yang menjadi responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data penelitian diolah dengan menggunakan Microsoft Excel dan Software SPSS 25. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Strategi Pemasaran (X1), Kualitas Pelayanan (X2), kualitas produk (X3) dan Harga (X4). Variabel terikat pada penelitian ini adalah Penjualan(Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran, kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga berpengaruh secara simultan terhadap penjualan. Variabel strategi pemasaran, kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga juga memiliki pengaruh secara parsial terhadap penjualan. Kontribusi variabel bebas (strategi pemasaran, kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga) terhadap variabel terikat (penjualan) adalah sebesar 97,4%. Variabel bebas yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel terikat adalah kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produksi, Harga dan Maqashid Syariah
Abstract
This research aims to determine the influence of marketing strategy, service quality, product quality and price on the sale of PT mineral water. Argus Rezky Pratama, Bulukumpa District, Bulukumba Regency. The population used in this research was Mitra PT. Argus Rezky Pratama with a sample size of 35 PT Partners. Argus Rezky Pratama was the respondent. The method used in this research is multiple linear regression analysis. Research data was processed using Microsoft Excel and SPSS 25 software. The independent variables in this research were Marketing Strategy (X1), Service Quality (X2), product quality (X3) and Price (X4). The dependent variable in this research is Sales (Y). The results of this research show that the variables marketing strategy, service quality, product quality and price simultaneously influence sales. Marketing strategy variables, service quality, product quality and price also have a partial influence on sales. The contribution of the independent variables (marketing strategy, service quality, product quality and price) to the dependent variable (sales) is 97.4%. The independent variables that have the most dominant influence on the dependent variable are service quality, product quality and price.
Keywords: Marketing Strategy, Service Quality, Production Quality, Price and Maqashid Syariah
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Saiful Muchlis, Rizal Ancu, Asriani, Anna Sutrisna Sukirman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
- to retain copyright and grant to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
 - permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work, with an acknowledgement of its initial publication in this journal
 - continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
 - receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.
 
						




