Pengaruh Lama Waktu Skarifikasi Terhadap Perkacambahan Biji Lamtoro Menggunakan Pupuk Organik Cair dari Limbah Isi Rumen Sapi

  • Muh. Rajabatari Gau Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Khaerani Kiramang Universitas Islam Negeri Alauddin
  • Muhammad Nur Hidayat Universitas Islam Negeri Alauddin

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lama waktu skarifikasi terhadap perkecambahan biji lamtoro sebagai pakan ternak dengan menggunakan pupuk organik cair dari limbah isi rumen sapi. Metode Penelitian ini, yaitu menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan, dengan cara pengukuran persentase kecambah dan tinggi kecambah selama 2 minggu penanaman, pengukuran dengan menggunakan mistar. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu, biji lamtoro tanpa melalui perendaman (P0), perendaman biji lamtoro kedalam pupuk organik cair isi rumen sapi selama 10 menit (P1), 20 menit (P2) dan 30 menit (P3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpepengaruh nyata (P < 0,05) terhadap  tinggi kecambah tetapi tidak berpengaruh terhadap persentase kecambah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widodo, W. 2010. Nutrisi dan Pakan Unggas Konstektual. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Musnamar. 2003. Pupuk Organik Cair dan Padat. Penebar Swadaya. Jakarta.

Slamet, R., Arbianti., dan Daryanto. 2005. Pengolahan Limbah Organik (Fenol) Dan Logam Berat (Cr6+ Atau Pt4+) Secara Simultan Dengan Fotokatalis TiO2, ZnO-TiO2, DAN CdS-TiO2. Jurnal Makara Teknologi.

Sinuraya, M. A., Barus, A., dan Hasanah, Y. 2015. Respons Pertumbuhan Dan Produksi Kedelai (Glycine max (L.) Meriil) Terhadap Konsentrasi Dan Cara Pemberian Pupuk Organik Cair. Jurnal Agroekoteknologi . Vol.4 (1)

Published
2019-08-05
How to Cite
Gau, M. R., Kiramang, K., & Hidayat, M. N. (2019). Pengaruh Lama Waktu Skarifikasi Terhadap Perkacambahan Biji Lamtoro Menggunakan Pupuk Organik Cair dari Limbah Isi Rumen Sapi. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan , 4(2), 116-122. https://doi.org/10.24252/jiip.v4i2.9836
Section
Table of contents
Abstract viewed = 503 times