Author Guideline

PANDUAN UNTUK PENULIS JURNAL ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKAN

  1. Naskah yang dikirimkan berupa naskah asli yang tidak pernah dipublikasikan dan atau tidak sedang di ajukan pada pada media lain selama dalam proses seleksi.
  2. Apabilah naskah yang dikirimkan akan diterbitkan pada media lain, maka penulis dapat membuat pernyataan secara resmi akan menarik naskah tersebut pada Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan
  3. Naskah yang ditulis merupakan hasil penelitian atau review pada bidang ilmu peternakan yang meliputi nutrisi dan teknologi pakan, produksi ternak, teknologi hasil ternak, kemanan produk pangan asal ternak, kesehatan dan kesejahteraan ternak, sosial ekonomi peternakan, dan kebijakan pembangunan peternakan.
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia
  5. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember.

FORMAT NASKAH

  1. Naskah ditulis minimal dua orang penulis
  2. Naskah diketik pada ukuran kertas A4 dengan margin 2,5 cm pada semua bagian sisi (atas, bawah, kiri dan kanan).
  3. Naskah ditulis Font Book Antiqua, 11 pt dengan spasi 1,5 kecuali abstrak spasi satu menggunakan satu kolom.
  4. Ukuran Font Book Antiqua dalam Tabel 10 pt
  5. Tabel dan gambar diletakkan dalam halaman naskah dan diberikan nomor urut sesuai dengan urutan dalam teks

STRUKTUR NASKAH 

  1. Judul: ditulis singkat dan jelas serta informatif dengan panjng maksimal 14 kata menggunkan Font Book Antique 12 pt, spasi satu. Judul mencerminkan isi naskah dengan menggunkan huruf kapital pada setiap kata Capitalize Each Word), kecuali kata penghubung.
  2. Nama dan  alamat  penulis:  Nama  penulis  dan  asal  institusi  ditulis  lengkap, apabilah   penulis berasal dari instansi yang berbeda, maka dibelakang  setiap  nama  diberi  superscript   angka  ar  Alamat  lengkap  ditulis di bawah nama penulis yang dibuat sesuai  superscript jika berasal dari institusi yang berbeda.
  3. Abstrak: Berisi ringkasan naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan maksimum  250  kata, memuat tujuan penelitian, materi dan metode, hasil dan kesimpulan.
  4. Kata kunci (keywords) yang digunkan sekitar 4-5 kata yang diletakkan  6 pt di bawah abstrak.
  5. Pendahuluan: Meliputi latar belakang, permasalahan yang dihadapi, usaha-usaha yang telah dilakukan, pendekatan yang ditempuh untuk memecahkan masalah, dan tujuan penelitian.
  6. Materi dan   metode,  diuraikan  dengan  jelas  termasuk  alat  (spesifikasi)  dan bahan  dan pelaksanaan penelitian yang dilakukan.
  7. Hasil dan  Pembahasan:  Menyajikan  dan  membahas  secara  jelas  dan  lengkap hasil-hasil penelitian yang dicapai dengan mengacu kepada tujuan. Hasil dan pembahasan dapat disajikan secara terpisah atau disatukan. Uraian tentang hasil dapat dilengkapi dengan tabel dan illustrasi (gambar, grafik, atau foto).
  8. Kesimpulan dan saran.
  9. Ucapan terima kasihjika ada.
  10. Daftar  Pustaka,
  • Setiap pustaka  yang  digunakan  dalam  tulisan  harus dicantumkan,  dan diusahakan 10 tahun terakhi
  • Proporsi pustaka primer (jurnal) minimal 50%.
  • Penggunaan Anonim tidak dibenakar sebagai sumber pustaka
  • Pustaka dibuat dalam bentuk nama  dan  tahun  terbit  mengacul  pada  model   Elsevier-Harvard  (nama,  tahun) menggunakan software Mandeley atau Zotero dan dikombinasikan secara manual sesuai petunjuk penulisan Jurnal Ilmu dan  Industri Peternakan, contoh:  Menurut Anton  (2020),  (Anton,  2020),  atau Ant,on  et al., (2020)
  • Daftar Pustaka di urutkan berdasarkan abjad.
  • Apabilah sumber pustaka berasal lebih  dari  satu  artikel dengan penulis     yang  sama, maka dibelakang tahun, baik yang terdapat di dalam teks maupun di dalam daftar pustaka dapat ditambahkan huruf kecil (a, b, c, dst), misalnya: Anton  (2020a),  (Anton, 2020b),  Anton  et al., (2020a), atau Anton  et al., (2020b)
  • Nama penulis yang lebih dari dua orang, di dalam teks  ditulis,  bagi  naskah  berbahasa Indonesia, misalnya  Anton  dkk.,  (2020)  dan ditulis et al., bagi naskah berbahasa asing, misalnya Anton et al., (2020).

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

1. Jurnal

Astati, A., dan Ahmad, A. 2019. Pengaruh tepung apu-apu (Pistia stratiotes) terhadap performans ayam       kampung super. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan5(1), 21–26.

Bova, T.L, Chiavaccini, L.,  & Cline, G.F,  2014. Environmental stressors influencing hormones and systems physiology in cattle. Reproduction Biological Endocrinol12, 58-62. (Book Antique, 11 pt; Nama Jurnal ditulis lengkap)

2. Buku

Wello. B. 2003. Produksi Ternak Potong dan Kerja. Masagena Press, Makassar.

Mushawwir, A., dan Latipuddin, D. 2013. Biologi Sintesis Telur, Perspektif Fisologi, Biokimia dan Molekuler Produksi Telur. Graha Ilmu, Yogyakarta. (Book Antique, 11 pt; Nama Jurnal ditulis lengkap)

3. Artikel dalam Buku

Basrah, S.A., dan Chusnul, R.T. 2019. Sumber Daya Genetik Ternak Itik  Sulawesi selatan. Dalam:  Burhan, R.S. dan Rustanov, J.A. (Edisi.). Potensi Genetetik Ternak Indonesia. Alauddin Press, Makassar. Hlm: 25-3-40.

Bardley, D.G., and E.P. Cunningham. 1999. Genetic Aspects of Domestication. In: Piper, L. and  Ruvinsky, R (Eds.). The Genetics of Cattle. CABI Publishing, Oxon. pp: 15-3 (Book Antique, 11 pt; Nama Jurnal ditulis lengkap)

4. Artike pada simposium (in Proceedings)

 Partasasmita, R., Suswanti, S., dan Husodo, T. 2016. Komunitas burung pada enam tipe ekosistem di Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur. Prosiding Seminar Nasional Biologi: Eksplorasi dan pemanfaatan biodiversitas untuk menghadapi Ekonomi Masyarakat Asean (MEA). Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung 31 Mei 2016. Hlm  97-105. (Book Antique, 11 pt; Nama Jurnal ditulis lengkap)

5. Skripsi/Tesis/Disertasi

Fahri, J. 2016. Pemanfaatan pupuk cair terhadap pertumbuhan, produksi dan klorofil rumput gajah mini pada lahan kering kritis. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Makassar.

Togatorop, M.H. 1980. Pengaruh pemeliharaan di atas lantai kawat v.s. lantai litter dengan pemberian ransum yang mengandung berbagai tingkat energi terhadap performan ayam broiler. Tesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor. (Book Antique, 11 pt; Nama Jurnal ditulis lengkap)